Keefektifan Metode Diskusi dan Media Laboratorium Virtual pada Cahaya dan Alat-alat Optik

Setiahawati Setiahawati, Supardi U.S

Abstract


Penelitian telah dilakukan di kelas VIII SMP Al-Kindi Cipayung Kota Depok, 68% dari 35 siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari fisika terutama pada bab Cahaya dan Alat Optik. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang lebih tepat dan menyenangkan. Metode diskusi dan praktikum melalui laboratorium virtual merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman mengenai ilmu fisika pada bab Cahaya dan Alat Optik siswa kelas VIII SMP Al-Kindi Cipayung Kota Depok. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keefektifan pembelajaran, pemahaman, d`an kepercayaan diri siswa.

 

Kata kunci: Metode Diskusi, Laboratorium Virtual, Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF

References


Astuti, S. P., Alhidayatuddiniyah, T. W., & Handayani, S. (2019). Pemanfaatan media crocodile physics dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 1-5.

Avrilliyanti, H. 2013. Penerapan Media Komik untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif dengan Metode Diskusi pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 156-163.

Dasmo, D., Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020, July). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 1, No. 1).

Deta, U. A., & Suprapto, N. (2012). Pembelajaran Fisika Model Diskusi Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), 30-36.

Jagodzinski, P. & Wolski, R. 2014. The Examination of The Impact on Students’ use of Gestures While Working in a Virtual Chemical Laboratory for their Cognitive Abilities. Problem of Education in the 21st Century, 61, 46.

Katili, N. S., Sadia, W., & Suma, K. (2013). Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Latifah, L. 2013. Metode Diskusi Kelompok Berbasis Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).

Lisma, L., Kurniawan, Y., &Sulistri, E. (2018). Penerapan Model LearningCycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 35-37.

Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Polly, P., Marcus, N., Maguire, D., Belinson, Z., & Velan, G. M. 2014. Evaluation of an Adaptive Virtual Laboratory Environment Using Western Blotting for Diagnosis of Disease. BMC Medical Education, 14(2), 1-9.

Quddus, A., Hamid, T., & Kasli, E. (2017). Perbandingan hasil belajar fisika dengan menggunakan laboratorium nyata dan laboratorium virtual. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 122-127.

Rahayu, S. & Erman E. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Simulasi PhET pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. 5(3): 253-256.

Raheem, A. 2011. Effects of Discusion Method on Secondary School Students’ Achievement and Retention in Social Studies. European Journal of Educational Studies, 3(2), 293 301.

Riswanto, H., & Dasmo, D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Pembelajaran Mind Map. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Sahnun, S. (2018). Efektivitas Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Menjelaskan Proses PEMILU dan PILKADA pada Siswa Kelas VI SDN 7 Montong Baan. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 17(2), 221-238.

Setiani, I., Dafik & Darojat O. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Teknik Whole Brain Teaching Materi Bangun Ruang dan Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX. Jurnal Pancaran. 4(1): 193-210.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/sch.v5i1.11119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Setia hawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Address: Department of Physics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530, Indonesia | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760, Indonesia
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
E-mail: kampus@unindra.ac.id

 

Creative Commons License
Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.