Pengembangan Aplikasi Mathy Kids dengan Konsep Etnomatematika Berbasis Android

Muhamad Chaerul Anwar, Isa Subani, Muhammad Syaoqibihillah, Nabila Khatami, Mutiara Oktavia Cahyania, Ari Irawan

Abstract


Proyek pengembangan aplikasi Mathy Kids bertujuan meningkatkan pemahaman matematika anak-anak usia dini melalui pendekatan etnnomatematika dan teknologi. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Adapuan tahapan analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan model ADDIE. Aplikasi ini mengajarkan konsep matematika dengan cara yang menyenangkan dan berbeda dari pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan pengumpulan data melalui survey, observasi, dan wawancara. Aplikasi Mathy Kids memiliki berbagai tampilan layar, termasuk layar mulai, splash screen, pertanyaan, informasi, utama, soal, pencapaian, materi, dan pengaturan. Proses pengembangan telah mencapai fase final dan aplikasi dapat nantinya kedepan akan dapat diakses di Playstore. Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi game edukasi seperti Mathy Kids dapat menjadi solusi efektif dan menarik dalam pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar.


Keywords


Game edukasi; aplikasi android; media pembelajaran matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.9786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: