Sistem Pendataan Keputusan Penjualan Produk Peyek Reasty Menggunakan Metode SAW

Tri Arief Septianto, Ari Irawan, Aulia Ar Rakhman Awaludin

Abstract


Rempeyek atau peyek merupakan jenis makanan atau kue gorengan yang bisa disajikan dan dinikmati dengan beraneka hidangan, serta disukai oleh berbagai kalangan, dapat dengan mudah ditemukan di warung makan, pasar, ataupun di pasar swalayan. Penelitiaan ini bertujuan untuk memudahkan owner melakukan pengumpulan transaksi dari mitra penjualan serta mempercepat proses pengambilan keputusan dalam memilih produk yang optimal untuk dipromosikan dan dijual oleh mitra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode SAW, digunakan untuk mengevaluasi produk berdasarkan kriteria yang relevan seperti harga, kualitas, rasa, dan popularitas. Hasil penelitian diharapkan memberikan panduan yang lebih objektif dan cepat bagi mitra dalam menentukan produk yang layak untuk diperkenalkan ke pasar. Dengan mengoptimalkan pengumpulan transaksi dan pengambilan keputusan, penelitian ini berpotensi meningkatkan efisiensi operasional dalam penjualan produk "Peyek Reasty".


Keywords


Peyek; SAW; Keputusan; SPK

Full Text:

PDF

References


Alam, S., Yunus, M., & Irmah. (2021). INFORMASI JASA LAUNDRY BERBASIS WEB. JURNAL SINTAKS LOGIKA, 1.

Fajar, M., Arriyanti, E., & Nursobah, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Produk Jual Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus Toko Mawar, Kandilo Plaza, Kabupaten Paser. Repository Wicida, 2(1). http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/812.

Ginting, J. V. B. (2020). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan e-Commerce Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 225. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1986.

Ismanto, E., & Effendi, N. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Kar.yawan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.208.

Maela, & Perdananto, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Bebasis WEB. Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(4), 326–336.

Nafarin, M. (2015). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Sukayana, I. M., Dewi, I. A. U., & Asmarajaya, I. K. A. (2023). Penerapan SPK dengan Metode SAW Terhadap Pemilihan Calon Karyawan LPD Desa Adat Sidakarya dengan Bahasa Pemrograman Python. RESI: Jurnal Riset Sistem Informasi, 1(3), 106–119.

Sumartini, L. C., & Tias, D. F. A. (2019). Analisis kepuasan konsumen untuk meningkatkan volume penjualan kedai kopi kala senja. Jurnal E-Bis, 3(2).

Sugiyono (2016), Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D, Bandung: alfabeta.

Susanto, A., & Purnomo, A. S. (2022). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Penjualan Helm Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus: Gallery Helm Jogja). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 20–34.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v6i03.9678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: