Rancang Bangun Sistem Pengolahan Data Ekspor dan Impor PT Gardatama Logistik Berbasis Java

Rizaldi Rizaldi, Ardhi Dinullah Baihaqie, Sutrisno Sutrisno

Abstract


PT Gardatama Logistik selaku instansi jasa pengiriman barang (Freight Forwaders) diharuskan melakukan aktivitas usaha secara cepat, tepat dan akurat untuk menunjang kualitas layanan bagi para customer dari berbagai daerah. Akan tetapi PT Gardatama Logistik mengalami beberapa permasalahan seperti pencatatan data pengiriman barang masih manual, penyimpanan data masih menggunakan media sederhana dan pelayanan terhadap customer menjadi lambat ketika customer membutuhkan laporan data pengiriman. Pengkomputerisasian sangat diperlukan untuk menunjang kualitas dan kecepatan layanan, serta meminimalisir kehilangan dan kerusakan data pengiriman. Data-data pengiriman yang sudah terkomputerisasi dapat dipergunakan oleh bagian keuangan dalam membuat tagihan pengiriman. Peneliti merancang sistem aplikasi yang terkomputerisasi dan untuk melakukan implementasi sistem informasi pengolahan data ekspor dan impor. Metodologi penelitian yang digunakan dalam sistem pengolahan data yaitu teknik pengumpulan data seperti wawancara dengan pihak terkait dan melakukan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Peneliti juga melakukan observasi dilapangan untuk mendapat informasi kebutuhan perusahaan. Setelah melakukan penelitian dan analisa permasalahan serta menyelesaikan masalah yang diusulkan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa sistem yang berjalan masih dilakukan dengan aplikasi sederhana menggunakan aplikasi Microsoft Excel, dengan dibangunnya sistem pengolahan data ekspor dan impor pada PT. Gardatama Logistik dapat mempermudah dalam proses pembuatan dokumen EXIM (exsport-import) dan laporan.

 

Kata Kunci: Pengolahan data, EXIM, Java, Ekspor, Impor


Full Text:

PDF

References


Apriliani, R., & Prabowo, D. W. (2016). Sistem informasi ekspor dan impor pada kantor pengawasan dan pelayanan bea cukai sampit menggunakan php dan mysql. Jurnal Unda, 6(2).

Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian untuk Public Relation Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.

Benny, J. (2013). Ekspor Dan Impor Pengaruhnya Terhadap Posisi Cadangan Devisa Di Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1406–1415.

Brata, I. K. O. (2014). Panduan praktis ekspor impor (Andriansyah (ed.)). Raih Asa Sukses.

Puspasari, R., & Buluran, I. Y. (2015). Penerapan Data Mining untuk Mengolah Data Impor – Ekspor Ikan dengan Menggunakan Metode Association Rule. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(1), 109–114.

Setyabudhi, A. L. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Absensi dan Pengambilan Surat Cuti Kerja Berbasis Web. JURNAL RESPONSIVE, 2(2).

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan berorientasi objek. Informatika.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi (Andi).

Sutedi, A. (2014). Hukum Ekspor Impor (N. L. Masruroh (ed.); I). Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Group).

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: