Sistem Informasi Penjualan Jasa Dekorasi Pernikahan pada PT Yay Berkat Berkarya Menggunakan Metode FIFO

Angga Nasrullah, Dewi Driyani, Zetty Karyati

Abstract


Industri jasa dekorasi pernikahan saat ini semakin berkembang dan menjadi salah satu industri yang menjanjikan di Indonesia, karena pernikahan adalah momen yang sangat penting bagi setiap pasangan dan tentunya mereka menginginkan pernikahan yang berkesan dan indah. Oleh karena itu, banyak pasangan yang membutuhkan jasa dekorasi pernikahan untuk mempercantik acara pernikahan mereka. PT Yay Berkat Berkarya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dekorasi pernikahan. Perusahaan ini telah memiliki reputasi yang baik di kalangan pelanggan karena kualitas pelayanan dan kreativitas yang mereka tawarkan dalam mendekorasi sebuah acara pernikahan sangat memuaskan dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Melihat perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, penggunaan sistem informasi menjadi semakin penting untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keamanan dalam kegiatan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi penjualan jasa dekorasi pernikahan pada PT Yay Berkat Berkarya yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah metode FIFO karena pesanan akan diproses sesuai dengan antrian pesanan yang diterima lebih dahulu. Dengan adanya sistem informasi yang terintegrasi seperti ini dapat mempermudah proses pencatatan dan penyimpanan data pesanan jasa dekorasi pernikahan pada PT Yay Berkat Berkarya serta menyediakan laporan penjualan yang akurat serta terperinci untuk digunakan sebagai data ukur dalam pengambilan keputusan bisnis.

Keywords


Sistem Informasi Penjualan; Jasa; Dekorasi Pernikahan; Metode FIFO

Full Text:

PDF

References


Desi, A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Dekorasi Pernikahan Pada Kobar Imagine Wedding Decoration. AMIK BSI Jakarta.

Desy Putri, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Wedding Organizer Berbasis Java Netbeans. Jurnal Unitek, 15.

Dewayani, J., & Wahyuningsih, F. (2016). Sistem Informasi Monitoring Persediaan Spareparts Motor Dengan Menggunakan Metode Fifo Pada Toko Adil Jaya Motor Semarang. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 9(1).

Putri Nurjannah, M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Paket Pernikahan Dan Resepsi Di Yulizal Wedding Berbasis Java. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11.

Putro Adi, P. (2020). Aplikasi Penyewaan Alat Pesta Pernikahan Wedding Organizer Dewimenges Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Ryan Ghafala, U. (2021). Perancangan Sistem Penjualan Barang Dengan Metode FIFO (First In First Out) Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Simarmata, J., Taufiq, M. E., Sidik, J., Saputra, R. W., Hapsah, S., Sari, A. C., Pratama, N. A., Sitompul, D. S., Al-Wafi, N., B, P. K. N., Akbar, R. Al, Hasibuan, Y. P., Sitepu, Y., Girsang, A., Daulay, S. G., Samosir, D. M., Saragih, S., Harahap, F. M., Fitri, A. A., … Monalisa, F. (2020). Pengantar Manajemen Sistem Informasi (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Jurnal Informatika, III(1).

Tohari, H. (2014). Astah: Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML (1st ed.). Andi.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen (1st ed.). Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.9160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: