Perancangan Aplikasi Pelayanan Posyandu Berbasis Java pada Posyandu Bungur II Komplek TNI AD Cakung

Ryana Rizki Putri Luthfiana, V H Valentino, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Teknologi dan informasi berkembang sangat pesat sehingga menuntut penggunaan teknologi, seperti aplikasi berbasis Java, untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan efisiensi, terutama dalam bidang kesehatan seperti Posyandu. Penelitian ini mengeksplorasi desain dan implementasi aplikasi pelayanan Posyandu berbasis Java dengan metode Extreme Programming di Posyandu Bungur II Komplek TNI AD Cakung. Tujuan penelitian adalah merancang sistem yang memudahkan pengelolaan data dan kegiatan Posyandu serta mengatasi kendala administrasi yang dialami. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasilnya adalah aplikasi yang berhasil mempermudah proses pengolahan data dan pembuatan laporan kegiatan Posyandu, meningkatkan efisiensi kader Posyandu, dan memperbaiki pelayanan kesehatan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi kesehatan yang efektif dan efisien untuk masyarakat.


Keywords


Perancangan Aplikasi;Extreme Programming;Posyandu;Bungur II Komplek TNI AD Cakung.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika Provinsi DKI Jakarta. (2021). Retrieved from https://jakarta.bps.go.id/indicator/30/529/1/jumlah-fasilitas-kesehatan-di-provinsi-%20dki-jakarta.html.

Cahyono, B. (2022). Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Banten: Pascal Books.

Choirunnisa, N. (2019). Perancangan Sistem Monitoring Posyandu Berbasis Web Pada Kelurahan Ciracas Jakarta Timur. Jakarta.

Fadhallah. (2020). Wawancara. Jakarta: UNJ Press.

Handayani, E. (2022). Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus: Posyandu di Kelurahan Yosomulyo Kota Metro). Lampung.

Khaerunissa. (2020). Perancangan Sistem Informasi Posyandu Pada Posyandu Gurame II Depok. Jakarta.

Luthfiyah, & Muh, F. (2018). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindak Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Abdi Sistematika.

Pratama, E. B. (2017). Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi e-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus : Toko Buku An ’N ur di Pontianak. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 92-102.

Roza, M. Y., Syawala, A. N., Khoirunnisa, P. H., Sumiyati, & Khalimatus Sa’diyah, A. (2021). Merancang Database Menggunakan Microsoft Access. Jakarta: GUEPEDIA.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.8964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: