Perancangan Sistem Rekomendasi Produk Sepatu Menggunakan Metode Knowledge Base Rekomendation

Asa Dilla Safitri, Atik Sulami, Jamilatun Safitri

Abstract


Banyak sistem rekomendasi telah dibuat menjadikan perkembangan teknologi modern. Salah satu sistem rekomendasi yang kami buat yaitu sistem rekomendasi produk sepatu di toko Solo Sepatu. Karena toko ini memiliki banyak produk sepatu yang di jual sehingga banyak pelanggan yang mengalami kesulitan dalam memilih produk sepatu.  sistem ini dibuat dengan pemodelan Knowledge Base Recommendation untuk membantu permasalahan user dalam pemilihan produk sepatu, sehingga user lebih mudah dalam membeli sepatu sesuai keinginan user tanpa harus memilih produk secara langsung. Metode pengembangan sistem ini menggunakan Waterfall dengan tahahapan communication, Planning, Modeling, Construction, Deployment. Dengan menentukan tingkat kesamaan antara kebutuhan pengguna dan kualitas produk sepatu, knowledge based recommendation memiliki keuntungan memungkinkan pengguna untuk memprioritaskan produk tergantung pada kebutuhan mereka. Sistem ini menggunakan pemodelan sistem knowledge based recommendation dapat menawarkan 5 opsi untuk parameter pencarian produk pakaian, termasuk jenis produk, harga, bahan, warna, dan ukuran. Nilai similarity antara keinginan pengguna dengan kualitas yang dipunyai oleh setiap produk sepatu akan dihitung, dimungkinkan untuk menyampaikan saran produk sepatu sesuai kriteria yang diberikan oleh pengguna. Hasil saran produk sepatu dari 20 sampel data dan metode pemodelan knowledge based recommendation , khusus mencapai nilai tertinggi dari similarity 1.0 untuk item Ivy Shoes. Hasil dari pemodelan ini bisa digunakan sebagai panduan saat membuat sistem rekomendasi untuk sepatu

Keywords


Sistem Rekomendasi; Sepatu; Knowledge Base Recommendation; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Atina, V., & Hartanti, D. (2022). Knowledge Based Recommendation Modeling for Clothing Product Selection Recommendation System. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(5), 1407–1413. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.5.584

Dzumiroh, L., & Saptono, R. (2016). Penerapan Metode Collaborative Filtering Menggunakan Rating Implisit pada Sistem Perekomendasi Pemilihan Film di Rental VCD. Jurnal Teknologi & Informasi ITSmart, 1(2), 54. https://doi.org/10.20961/its.v1i2.590

Iii, B. A. B. (n.d.). Desain Penelitian Desain penelitian yang digunakan pada pembangunan sistem rekomendasi menu makanan berbasis web pada konsumen restoran menggunakan metode knowledge based recommendation adalah sebagaimana digambarkan pada gambar kebutuhan data yang akan d.

Kurniawan, A. (2016). Sistem Rekomendasi Produk Sepatu Dengan Menggunakan Metode Collaborative Filtering. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2016(Sentika), 2089–9815.

Meidiyan, M. G., Mubarok, H., & Rianto, R. (2017). Implementasi Knowledge base pada Aplikasi Data Orang Hilang (Studi Kasus: Polres Tasikmalaya Kota). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 96. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22526

Muhith, M., Hartanti, D., Maulindar, J., Pertama, P., Kedua, P., & Ketiga, P. (2022). Sistem Rekomendasi Pemilihan Paket Instalasi CCTV menggunakan Metode Knowledge Based pada CCTV Center Delanggu. 222–227.

Neny Rosmawarni. (2017). Perancangan sistem rekomendasi untuk pengembangan aplikasi salon terpadu berbasis android. ISTN Program Studi Sistem Informasi, 6(1), 61–70.

Sutjiningtyas, S., Arofa Dharmawan, A., & Penulis Korespondensi, E. (2022). Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Produk Sepatu pada Toko Online Menggunakan Metode User-Base Collaborative Filtering. Bulletin of Information Technology (BIT), 3(2), 143–148.

Sutono, S., Musrifah, A., & Fauzy, H. L. (2022). Metode Knowledge Based Recommendation Dengan Backward Chaining Untuk Perancangan Aplikasi E-Commerce. Media Jurnal Informatika, 14(2), 63.

Utomo, B. T. W., & Anggriawan, A. W. (2015). Sistem Rekomendasi Paket Wisata Se-Malang Raya Menggunakan Metode Hybrid Content Based Dan Collaborative. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 9(1), 6–13.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i03.8767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: