Knowledge Management System Perpajakan untuk Account Representative

Tri Arta Simanjuntak, Yogi Bachtiar, Wahyu Nur Cholifah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang dan membangun sebuah sistem untuk membantu kegiatan bimbingan dan konsultasi yang dilakukan oleh Account Representative kepada wajib pajak di seluruh kantor pajak di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mempermudah dan membuat kegiatan bimbingan dan konsultasi menjadi skematis. Selain itu data dan informasi hasil bimbingan dan konsultasi yang berupa informasi permasalahan dan solusi wajib pajak dapat dimanfaatkan secara nasional oleh seluruh Account Representative. Metode pengembangan sistem pada penelitian ini adalah Metode Waterfall, sedangkan untuk pemodelan sistem menggunakan Unified Modelling Language. Pengembangan aplikasi diawali dengan menganalisis kebutuhan sistem melalui pengumpulan informasi menggunakan metode wawancara (interview) dan studi literatur. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan desain dan antar muka aplikasi, mengimplementasikan hasil perancangan desain dan antar muka aplikasi dan yang terakhir menguji kelayakan aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang sudah ditetapkan di awal. Knowledge Management System Perpajakan merupakan hasil dari penelitian ini, yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan bimbingan dan konsultasi di kantor pajak.


Keywords


Knowledge Management System; Perpajakan; Account Representative

Full Text:

PDF

References


Alam, M. B. N. (2017). Perancangan Sistem Manajemen Pengetahuan Untuk Menunjang Kegiatan Penelitian Di Universitas Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Dewan Perwakilan Rakyat. (1983). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan.

Direktorat Jenderal Pajak. (2015). Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79/PMK.01/2015 Tentang Account Representative Pada Kantor Pelayanan Pajak.

Direktorat Jenderal Pajak. (2004). Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-178/PJ/2004.

Fauzan, L. R. (2017). Knowledge Management System Pendidikan Pada Sekolah Dasar di Tangerang Selatan Berbasis Website. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., & Anisah, H. U. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Sonatha, Y., Rahmayuni, I., Alanda, A. & Saputra, I. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Knowledge Management Berbasis Web. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi (INVOTEK), 18(2), 133–140.

Sumardi, R., Suharyono, Elwisam, & Aldrianto, H. (2019). Evaluasi Implementasi Manajemen Pengetahuan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta. Jurnal Sosial Humaniora, 4(1), 909–928.

Subroto, G. (2019). Knowledge Management In Tax Administration: A Case Study In Indonesia. Jurnal Kajian Ilmiah Perpajakan Indonesia, 1(1), 203–235.

Wicaksono, P. D. (2020). Model Knowledge Management System Pada Unit Pengelola Kepegawaian Direktorat Jenderal Pajak. Jakarta: Universitas Bakrie.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.8377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: