Perancangan Aplikasi Mari Konseling Berbasis Android dengan Firebase

Achmad Ibnu Hilwani, Ahmad Suryadi, Rini Widia Putri Z

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini melahirkan bermacam-macam teknologi untuk memudahkan manusia dalam berbagai bidang. Tujuan penelitian adalah merancang aplikasi pelayanan konseling di Mari Konseling berbasis Android agar pelayanan pasien lebih terkomputerisasi. Sehingga, pelayanan pasien di Mari Konseling lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Research and Development (R&D) yaitu suatu metode penelitian yang mengembangan suatu produk atau sistem tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Aplikasi online untuk pelayanan pasien di Mari Konseling dibuat berbasis Android dengan firebase menggunakan bahasa pemograman Java. Hasil aplikasi yang telah dibuat berupa suatu program pelayanan pasien yang memuat kebutuhan untuk berkonsultasi di Mari Konseling. Waktu pelayanan pasien di Mari Konseling dapat diefisienkan dengan memanfaatkan aplikasi yang telah dibuat, sehingga pasien tidak perlu datang mengantri untuk pendaftaran dan konseling.

 


Keywords


Aplikasi;Android;Pelayanan;Konseling

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. S. (2020). Rekayasa Perangkat Lunak Resep Kuliner Nusantara Berbasis Android. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(3), 368–375.

Fauzi, A., Ismawan, F., & Djafar, H. I. (2020). APLIKASI PENGENALAN RAGAM CABANG OLAHRAGA. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(1), 39–44.

Fauzi, R. A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Herlinah, & Musliadi, K. (2019). Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Muharto, & Ambarita, A. (2016). Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Octavianus, B. (2016). Apa itu firebase [Android]. Retrieved from https://coolnetkid.wordpress.com/2016/09/08/android-apa-itu-firebase

Primasari, D., & Putri, D. L. (2019). Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Android. Krea-Tif, 6(1), 1.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Rukaya. (2019). Aku Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Guepedia.

Subhan, M. (2012). Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sujatmiko. (2012). Kamus Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Surakarta: Aksarra Sinergi Media.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: