Rancangan Aplikasi Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Bekasi

Ismoyo Bayu Aji, Andi Prastomo, Septian Wulandari

Abstract


Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Rayon Bekasi merupakan salah satu organisasi pencak silat, dimana jumlah anggotanya mengalami peningkatan setiap tahunnya, baik dari pelatih maupun siswa. Oleh karena itu, membuat  sekretaris dan bendahara mengalami kesulitan untuk mengelola data-data organisasi. Dikarenakan proses pendataan organisasi yang masih manual, membuat pencarian data dan pembuatan laporan organisasi membutuhkan waktu yang cukup lama. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode grounded research yaitu prosedur pada fakta serta analisa perbandingan yang bertujuan untuk membuktikan teori, mengembangkan konsep-konsep, dan menganalisa data berjalan pada waktu yang bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan yang ada di Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Bekasi, dan membuat aplikasi organisasi yang mempermudahkan pengurus dalam hal pengelolaan data-data organisasi yang memerlukan kecepatan, dan ketepatan. Dalam membangun aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java, dan MySQL sebagai database penyimpanan. Adapun hasil penelitian ini untuk mempermudahkan pihak pengurus organisasi dalam hal pendataan, dan pencarian data siswa, data pelatih, dan data keuangan organisasi.

 

Kata Kunci : Aplikasi, Organisasi, PSHT, Java, MySQL


Full Text:

PDF

References


Duha, Timotius. 2018. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Ferdiansyah, Vikri Zulfi. 2017. “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Berbasis Mobile.” Universitas Muhammadiyah Malang.

Gristyutawati, Anting Dien. 2012. “Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2012.” Journal of Physical Education, Sport, Healt and Recreations 4(7): 1957–62.

Ilmiah, Jurnal et al. 2019. “( STUDI KASUS : STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI ).” 1(4): 276–89.

Nissa, Cendani Khoirun et al. 2020. “PENDIDIKAN ISLAM DAARURRAHMAH BOGOR BERBASIS DESKTOP.” 01(02): 259–65.

Pakaya, Roys, Abdul Rahman Tapate, and Salman Suleman. 2020. “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN HEWAN TERNAK UNTUK QURBAN DAN AQIQAH DENGAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML ).” 8(1): 31–40.

Salahudin, Mohamad. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Suyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Witirani, Nadia Septa. 2017. “Aplikasi Pengelolaan Data Organisasi Mahasiswa.” Industrial Research Workshop and national Seminar IX. https://jurnal.polban.ac.id.

Yasin, Verdi. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Bogor: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: