Sistem Informasi Penyewaan Lapangan dan Peralatan Badminton pada GOR Pangestu Berbasis Java

Helmi Budi Prasetyo, Millati Izzatillah, Nurfidah Dwitiyanti

Abstract


GOR Pangestu, merupakan tempat olahraga yang bergerak di bidang jasa penyewaan lapangan badminton, yang berada di Jl. Cikunir Raya. Gg. Swadaya No.85 gedung tersebut lebih dikenal atau bernama GOR Pangestu. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi penyewaan lapangan badminton berbasis Java Netbeans agar memudahkan alur penyewaan dan penjualan, transaksi  yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi terkomputerisasi dimana pencatatan dan transaksi akan berubah menjadi pengolahan data yang efektif dan efisien. Dalam membuat aplikasi tersebut menggunakan metode R&D yaitu metode penelitian yang menghasilkan suatu produk tertentu dan mengembangkanya melalui pengujian sehingga produk tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah metode waterfall.  Hasil penelitian ini adalah memudahkan kasir dan juga owner dalam mengelola usaha penyewaan lapangan badminton dan juga transaksi, sehingga alur pada penyewaan lapangan dan penjualan peralatan dapat menjadi lebih baik.


Keywords


Penyewaan Lapangan;Java;Metode Waterfall

Full Text:

PDF

References


Dimas, Ronggo et al. 2022. “Futsal Berbasis Java Netbeans.” 03(02): 307–14.

Hutahean, J. 2015. Agustus Konsep Sistem Informasi - Jeperson Hutahaean - Google Buku. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Indrajani. 2015. Database Desaign. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Malfiany, Rini, Rahmat Gunawan, and Rusli Helmi. 2021. “Perancangan Sistem Penyewaan Lapangan Badminton Pada Gor Dewi Sport Hall Berbasis Web.” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 16(2): 18–29.

Nurjani et al. 2020. “Vol. 4 No. 2 (2020): Fortech (Journal Of Information Technology) | FORTECH (Journal of Information Technology).” “Website Kantor Kelurahan Lingkar Selatan.” Fortech (Journal Of Information Technology) 4(Vol. 4 No. 2 (2020): Fortech (Journal Of Information Technology)): 53–59. https://ojs.unh.ac.id/index.php/fortech/issue/view/37 (July 20, 2022).

Purwanto, Heri, Fiqri Arya Nugraha, Mochamad Raffnie Prayogha, and Rafi Martua Syahputra. 2021. “Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 3(2): 100–104.

Rahma, S.Z, S Mulyani, and M Masyikuri. 2017. “Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam Di SMAI Surabaya Pada Materi Ikatan Kimia.” Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 2(1): 70.

Subekti. 2014. Aneka Perjanjian. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Tantra, R. 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi Bagaimana Mengaimana Mengelola Proyek. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.7507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: