Rancang Bangun Sistem Komputerisasi Absensi dan Perhitungan Bonus Karyawan pada CV Persada Ilmu

Andri Zulfian, Arif Susanto, Sriyono Sriyono

Abstract


Dalam mengatasi masalah pada sebagian besar perusahaan menerapkan berbagai teknologi informasi untuk mendukung seluruh kegiatan di dalam perusahaan. Salah satu teknologi informasi tersebut adalah sistem informasi yang terdapat didalam sistem infromasi HR & Payroll yaitu sistem informasi untuk mengolah data absensi karyawan. Sistem informasi ini sangat diperlukan untuk menghitung gaji karyawan yang nantinya berkaitan dengan laporan keuangan sebuah perusahaan. Pada CV Persada Ilmu masih di temukan kendala dalam sistem pengajian dan perhitungan bonus karyawan, seperti perhitungan gaji yang masih manual. maka diperlukan sistem yang terkomputeriasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Grounded Research yaitu suatu jenis penelitian berdasarkan fakta dan menggunakan analisis perbandingan. Dengan metode pengumpulan data seperti studi lapangan (observasi, wawancara) dan studi pustaka dengan mengumpulkan data-data dari buku-buku serta mencari informasi dan teori yang berhubungan dari penelitian. Hasil dari penelitian ini peneliti membuat suatu sistem aplikasi absensi dan perhitungan bonus karyawan di CV Persada Ilmu menggunkan Java dan MySQL.

Kata Kunci: Absensi, Gaji, Grounded Research, Java, MySQL


Full Text:

PDF

References


Abdul, K. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. yogyakarta: Andi Offiset.

Adrian, N. (2014). No Title. In Sistem Informasi Absensi dan Penggajian Pegawai Honorer Dinas Kebersihan Kota Depok. kota depok.

Akhmad, E. P. A. (2012). Sistem Penggajian Pada Perusahaan Ekspedisi Muatan Kapal Laut. Jurnal APlikasi Pelayaran Dan Kepelabuhan, Vol.2 No.2, 109–119.

Brata, D. W., & Bayu Whidyanto. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Gaji Bonus Karyawan Pada Restoran KL Express Dengan Metode TOPSIS. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Informasi ASIA (JITIKA), Vol.11, No, 101–112.

Eva Zuraidah, S. A. (2019). Perancangan Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Java Neatbeans. Jurnal Prosisko, Vol. 6 No., 53–59.

Fenny Oktavia, A. S., & Irawan, B. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PT. SAWMILL JAMBI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, Vol 1, No., 265–277.

Nababan, D., & Rahim, R. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REWARD BONUS KARYAWAN DENGAN METODE TOPSIS. Jurnal ISD, Vol.3 No.1, 57–62.

S.R, S. (2014). Akuntansi Suatu Pengantar Edisi Kelima, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Saefudin, F. A. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PEMBERIAN BONUS TAHUNAN PADA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). JSiI | Jurnal Sistem Informasi, Vol. 6 No., 54–61.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wiajaya, V. P., & Marisa, F. (2018). Perancangan Aplikasi Penentuan Bonus Karyawan Dengan Metode TOPSIS. (JOINTECS) Journal of Information Technology and Computer Science, Vol. 3, No, 91–94.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: