Sistem Informasi Distribusi Barang pada CV Saka Berbasis Java Netbeans

Mohamad Syafri Putra Ambar, Bramantara Yudha, Didik Nur Huda

Abstract


Dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi barang pasti memerlukan sumber daya manusia untuk mengelolanya. Kebutuhan sistem yang baik pada CV SAKA sangat diperlukan dalam proses pengolahan data dan informasi distribusi barang, sehingga informasi dapat keakuratan, ketelitian, dan untuk mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan pemberian informasi kepada pimpinan dapat dengan benar, akurat dan dengan waktu yang cepat. Sebelum melakukan proses pendistribusian barang, diperlukan suatu teknik pengolahan distribusi persediaan agar distribusi barang berjalan dengan baik. Pada CV SAKA, proses pencatatan dalam pendistribusian barang masih menggunakan sistem manual, sehingga rentan terjadinya kesalahan dalam pencatatam data barang, perhitungan, dan juga membutuhkan proses yang cukup lama dalam melakukan pencarian data yang telah dicatat. Selain itu juga, keamanan dari penyimpanan dokumen kurang terjamin, karena dokumen tersebut mudah rusak dan mudah hilang. Hal ini tentu tidak efektif dan efisien. Tujuan dari pembuatan sistem informasi berbasis java desktop ini agar dapat memperlancar serta mempermudah karyawan dalam proses pendistribusian barang, proses mengelola data yang dibutuhkan, dan dalam proses pembuatan laporan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Grounded Research dan waterfall dalam pembangunan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dapat mempermudah karyawan dalam proses pengelolaan distribusi barang secara cepat, tepat, dan akurat di CV SAKA


Keywords


Sistem Informasi; Distribusi Barang; Java; Desktop; Grounded Research; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Dian Purnamasari et al., (2014) Sistem Informasi Distribusi Barang Berbasis Web Service. Universitas Bina Darma Palembang, Palembang.

Enterprise, J. (2016). Belajar Java, Database, dan NetBeans dari Nol. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fajar Wati et al., (2017) Sistem Informasi Distribusi dan Retur Barang Berbasis Dekstop Pada PT. Milenia Berkat Abadi Jakarta. AMIK BSI Tangerang, Tangerang.

Fikri Nurjihad Dzulfikar & Paris Hasugian, n.d. (2019) Sistem Informasi Distribusi Produk pada CV Trianom Agrotektur. Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Gilvy, M.L.P. dkk. (2020). Media Pembelajaran Dengan Metode GAMIFICATION. Malang: Media Nusa Creative.

Nofriadi. (2015). Java fundamental netbeans. Yogyakarta: Deepublish.

Ramdhan, M. R. M. (2021). Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, Sidoarjo: Zifatma.

Rukin. (2021). Metode Penelitan Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: CVJakad Media Publishing.

Rusli, M., Rinartha, I.K., Atmojo. Y. P. S. B. (2016). Belajar Pemrograman Java dengan Netbeans. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.7368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: