Perancangan Sistem Aplikasi Jasa Grooming dan Penjualan pada Family Pet Shop

Dinda Zahra, Michael Sonny, Nurfidah Nurfidah

Abstract


Family Pet Shop merupakan suatu badan usaha di Kota Jakarta Timur yang menjual berbagai kebutuhan hewan peliharaan serta perlengkapan aksesoris hewan. Family Pet shop juga menyediakan jasa grooming dan penitipan khusus kucing. Namun, segala jenis transaksi masih dihitung dengan kalkulator konvensional dan laporan dicatat secara manual. Hal ini menimbulkan banyak kesalahan yang akan merugikan badan usaha, sehingga Family Pet Shop membutuhkan suatu sistem aplikasi yang dapat membantu dalam hal pengolahan data, proses transaksi hingga pembuatan laporan untuk mengurangi resiko kesalahan tersebut. Maka dilakukan perancangan sistem aplikasi menggunakan Netbeans dan bahasa pemrograman berbasis Java dengan database yang digunakan adalah database MySQL. Dari hasil penelitian menunjukkan dengan dibuatnya aplikasi ini dapat mempermudah pencatatan transaksi dan pengolahan data, menyediakan layanan perhitungan, layanan pengecekan stok secara otomatis dan layanan pembuatan laporan yang terkomputerisasi pada Family Pet Shop


Keywords


Jasa Grooming; Penjualan; Java; MySQL

Full Text:

PDF

References


Anggito, A & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arifin, N. Y., & Veza, O. (2019). “Dashboard Sistem Aplikasi Pengelolaan Obat.” Engineering And Tecnology International Journal 1(2): 59–65. https://www.mand-ycmm.org/index.php/eatij/article/view/37.

Kurniawan, T. A. (2020). Sistem Informasi Akuntansi Dengan Pendekatan Simulasi. Yogyakarta: Deepublish.

Ladjamudin, A. B. (2015). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maniah & Hamdini, D. (2017). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pembahasan Secara Praktis Dengan Contoh Kasus. Yogyakarta: Deepublish.

Nadjamuddin, S. (2014). “Sistem Informasi Penjualan, Pembelian Dan Jasa Grooming Pada Tera Petshop.” Jurnal Teknologi dan Informasi 4(2): 71–82. DOI: https://doi.org/10.34010/jati.v4i2.809

Pawanghewan. (2022). “Pengertian Grooming Pada Kucing Dan Daftar Harga Grooming.” https://www.pawanghewan.co/pengertian-grooming-pada-kucing (April 28, 2022).

Rahardjo, M. (2017). “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Septiyanti, D. (2018). “Sistem Informasi Penjualan, Pengadaan Dan Jasa Grooming Pada Momo Petshop & Care.” Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Taufik, A. (2019). “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Makanan Kucing Dan Anjing Berbasis Web.” Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA) 6(2): 61–70. http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumika/article/view/412.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i03.7303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: