Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Data Penjualan pada Bengkel Las Listrik Kirana Jaya Berbasis Java

Siti Zubaedah, Jumadi Jepri, Munasiah Munasiah

Abstract


Pemanfaatan aplikasi teknologi komputer di bidang penjualan membantu kegiatan penjualan dengan cepat dan tepat. Namun masih banyak tempat usaha yang belum memanfaatkan teknologi komputer dalam menjalankan usahanya. Seperti pada Bengkel Las Listrik Kirana Jaya ini sistem penjualannya masih dilakukan secara konvensional dengan bantuan buku besar dengan ini pengelolaan data penjualannya pun menjadi kurang terorganisir dan laporan data yang dihasilkan menjadi kurang akurat. Tujuan dari perancangan sistem ini adalah membuat sistem pelayanan yang ada di Bengkel Las Listrik Kirana Jaya menjadi lebih terstruktur dan terkomputerisasi dengan menggunakan bahasa pemrograman java netbeans  dan menghasilkan pengelolaan data penjualan menjadi lebih akurat dengan menggunakan database MySQL. Desain penelitian yang digunakan adalah dengan metode grounded research dan untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati langsung (observasi) tempat penelitian, melakukan wawancara, dan juga melakukan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem aplikasi pengelolaan data penjualan yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java netbeans dan pengelolaan datanya dengan bantuan database MySQL ini dapat memudahkan pelayanan dan membuat hasil laporan yang ada pada Bengkel Las Listrik Kirana Jaya menjadi lebih akurat.


Keywords


Rancang Bangun; Aplikasi; Penjualan; Java

Full Text:

PDF

References


Amadhea, C. (2014). Sistem Informasi Pemesanan Barang Berbasis Website pada Bengkel Las Listrik dan Konstruksi Tri Jaya. Universitas Komputer Indonesia.

Audina, V., Suryadi, & Yeninar, R. F. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BENGKEL LAS SINAR BARU BERBASIS WEB. jurnal fateksa: jurnal teknologi dan rekayasa, 6(2), 32–39.

Habibi, R., Putra, F. B., & Putri, I. F. (2020). Aplikasi kehadiran dosen menggunakan PHP OOP. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Haqi, B. (2019). Aplikasi spk pemilihan dosen terbaik metode simple additive weighting (SAW) dengan java. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Ikhasan Rivani. (2020). Perancangan Sistem Penjualan Pada Bengkel Spesialis Vespa PX Garage Jakarta. Universitas Indraprasta PGRI.

Muhamad Son Muarie. (2015). Rancang Bangun Sistem Ujian Online Pada Smp Negeri 8 Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), 2(1), 28–40. Diambil dari http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/38

Muhammad Rafly, Jepri, J., & Hartuti, P. M. (2021). Sistem Informasi Akademik Sdn Kebon Pala 07 Pagi Berbasis Java. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi, 904–910.

Nawang, M., Kurniawati, L., & Duta, D. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERSEDIAAN BARANG BERBASIS DEKSTOP DENGAN METODE WATERFALL. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 13(2), 233–238. https://doi.org/10.1186/1749-8090-6-9

Santosa, P. (2015). METODOLOGI PENELITIAN SASTRA Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Yogyakarta: Azzagrafika.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.7207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: