Perancangan Sistem Aplikasi Penggajian Karyawan pada PT Rekso Nasional Food Berbasis Netbeans

Wahyu Nur Ardiyanto, Rahnita Nuzulah, Shinta Dwi Handayani

Abstract


Merancang sistem aplikasi penggajian karyawan berbasis Netbeans pada PT Rekso Nasional Food. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif yaitu suatu metode penelitian berdasarkan wawancara atau observasi secara mendalam kesubjek penelitiannya. Dengan dibuatnya system aplikasi penggajian karyawan pada PT Rekso Nasional Food dengan berbasis Netbeans, semua kegiatan yang berhubungan dengan data karyawan dan data gaji karyawan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode Grounded Research yaitu metode penelitian pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan menetapkan konsep, pembuktian teori, mengembangkan teori, pengumpulan data, analisis data dalam waktu yang bersamaan.  Pada aplikasi ini, bagian pengelolaan data gaji karyawan dapat menangani penginputan data tentang penggajian dengan cepat serta dapat di update dengan mudah. Sistem aplikasi penggajian PT Rekso Nasional Food ini dibuat dengan Netbeans dan MySQL sebagai databasenya. Sistem informasi ini dapat digunakan untuk mengelola data karyawan, data lembur, gaji pokok, juga untuk melakukan perhitungan gaji berdasarkan data yang telah diinputkan, dan dapat digunakan untuk mencetak laporan. Akhirnya dengan adanya system aplikasi penggajian ini, proses perhitungan gaji dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu menghitung secara manual dan data gaji yang diperoleh sudah sesuai, dengan catatan semua data yang diinputkan sudah valid.


Keywords


Sistem; Penggajian; Karyawan; Netbeans

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ayu, I. G., & Budiasih, N. (2013). Metode Grounded Theory Dalam Riset Kualitatif. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 19–27.

Chan, S. (2017). Membuat Aplikasi Database dengan PowerBuilder 12.6 dan MySQL oleh Syahrial Chan. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Enterprise, J. (2017). Java Komplet. PT Elex Media Komputindo.

Langi, B., Saerang, D. P. E., & Gerungai, N. Y. T. (2019). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Dalam Upaya Pengendalian Internal Pada PT Gemilang Emas Indonesia. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 14(1), 148–153.

Mardiani, E., Rahmansyah, N., Kurniawan, H., Muliawati, A., & Permana, D. S. (2017). Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java Netbeans, MySQL, dan iReport. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mayasari, M. S. (2015). ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PT ADITYA BUANA INTER SUNGAILIAT BANGKA. Jurnal SIMETRIS, 6(2), 277–288.

Muharto, & Ambarita, A. (2016). Metode penelitian sistem informasi : mengatasi kesulitan mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian. Yogyakarta : Deepublish.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Utomo, A. P. (2015). Penerapan Konsep Saas (Software As a Service) Pada Aplikasi Penggajian. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 137.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.7140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: