Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis ERP (Open ERP) di Cafe Cozy

Arif Nugroho

Abstract


Pada era teknologi modern saat ini, penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk proses penjualan produk atau jasa dan pencatatan keuangan perusahaan. Dengan adanya sistem ERP dapat menghubungkan area fungsional di dalam perusahaan. Cafe cozy adalah salah satu Café yang ingin mengimplementasikan dari ERP (Enterprise Resource System) pada kegiatan transaksi yang dilakukan sehingga dengan diterapannya sistem ini diharapakan dapat meningkatkan kinerja Cafe terutama dalam pencatatan dan  penyimpanan data pada café, mendapatkan informasi secara real time dan akurat tentang info produk, pemesanan, penjualan dan accounting serta mempermudah dalam pembuatan laporan/dokumen. Dengan metode Accelerated SAP adalah metode yang dipilih peneliti yang merupakan  metode paling cepat dan efisien untuk proyek implementasi ERP saat ini. Dengan diterapkannya sistem ini maka kegiatan transaksi mulai dari pencatatan pesanan, penyimpanan data-data serta kegiatan transaksi lainnya bisa dilakukan dengan cepat, efisien dan terkomputerisasi dengan baik.


Keywords


Perancangan; Aplikasi; Berbasis ERP

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., & Perdamaian, R. (2015). Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Untuk Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persedian Obat Pada Apotek Sentral Herbal Jaya Padang. Issn.

Ali Ridho, Rispianda, G. P. L. (2015). Implementasi Sistem Material Requirement Planning ( Mrp ) Enterprise Resource Planning ( Erp ) Di Pt . Xyz Menggunakan Software Odoo. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional.

Astuti, M. P. (2017). Pengembangan Dan Implementasi ERP menggunakan Odoo pada Divisi Inventory.

Kadir, A. (2014). Pengertian Sistem Informasi Menurut Abdul Kadir. In Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi.

Mustakini, J. H. (2009). Sistem Informasi Teknologi. Yogyakarta: Andi Offset. https://doi.org/10.1023/B:Fish.0000030599.10456.9c

Prakosa, B. A. (2017). Implementasi Dan Konfigurasi Free Open Source Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo.

Purwandari, Nuraini, Pamungkas, R. W. P. (2016). Modul Human Resource Management menggunakan Open Enterprise Resources Planing pada perusahaan Profit Wilis. Jurnal Sains Dan Teknologi Implementasi.

Setiawan, H., Rahayu, W., & Kurniawan, I. (2020). Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Rumah Makan Cepat Saji D’besto. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03), 347–354. https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.356

Subhan, M. (2012). Analisa PErancangan Sistem. In Analisa perancangan sistem.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Metode Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: