Sistem Informasi Penjualan pada Toko Perlengkapan Bayi Salfa

Maulana Ilman Nafian, Aulia Paramita, Damas Damas

Abstract


Sistem informasi yang ada di Toko Perlengkapan Bayi masih dilakukan secara konvensional oleh karena  itu dibutuhkan tingkat ketelitian yang lebih baik dan waktu yang banyak untuk proses pembuatan laporan sampai dengan tahap penyerahan laporan. Sebagian besar media penyimpanan data yang digunakan masih berupa lembaran kertas dan buku, maka keamanan dari dokumen itu sendiri kurang terjamin. Kendala yang ditakuti oleh pemilik toko adalah tidak mempunyai back up data, maka kemungkinan besar data akan hilang. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi penjualan terkomputerisasi yang dapat membantu mempermudah admin Toko Perlengkapan Bayi Salfa dalam penyampaian informasi maupun data pembelian, penjualan, pembayaran dan stok barang, maupun pemasukan dan pengeluaran pada toko. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode grounded researcher. Implementasi sistem dari aplikasi ini yaitu pada bagian admin, dengan aplikasi ini pengolahan data-data yang dilakukan akan menjadi lebih efektif. Penyimpanan data-data pada media database akan mempercepat dalam pencarian data. Pada proses pembuatan laporan aplikasi ini akan sangat membantu dalam pengolahan data-data yang diterima, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memberikan informasi baik untuk pemilik maupun karyawan yang bekerja pada Toko Salfa.


Keywords


Sistem Informasi; Penjualan; Java; MySQL

Full Text:

PDF

References


Anastasya, F, Agus, I &, Hutajulu, B, M, W (2021). Perancangan Aplikasi Penjualan, Pembelian Pada Toko Nodent Store Berbasis Java Netbeans Di Buaran Jakarta Timur, Jakarta: Universitas Indraprasta.

Antonio, H. & Safriadi, N (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika (SI-ADIF) . Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Fathansyah. (2012). Buku Text Komputer Basis Data. Bandung: Informatika.

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish

Nurhayati, A. N.,Josi, A., & Hutagalung, N. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Pembelian Barang pada Koperasi Kartika Samara Grawira Prabumulih. Jurnal Teknologi Dan Informasi. 7(2), 13–23

Pane, Syafrizal Fachri. dkk. 2020. Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara

Pratama, I. P. A. E. (2014). Sistem Informasi Dan Implementasinya, Bandung: Informatika Bandung.

Sutabri Tata.(2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutarman.(2012). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Trisakti, Bayu. (2020). Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Java pada CV Jawi”. Semarang: Universitas Wahid Hasyim.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.5765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: