Perancangan Aplikasi Penjualan Mobil pada Nyoman Cuci Mobil

Rifqi Maulana Akbar, Thomas Afrizal, Ridwan Usman

Abstract


Jual beli barang menjadi kegiatan yang sangat menguntungkan, karena kegiatan ini selain mendatangkan uang juga mendapatkan berbagai koneksi untuk kebutuhan sehari-hari. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah penualan mobil yang menjadi salah satu penjualan yang sangat berkembang akhir-akhir ini. Karena mobil sudah menjadi kendaraan yang sangat dibutuhkan. Showroom Nyoman Cuci Mobil adalah suatu badan usaha milik perorangan yang berdiri di Depok pada tahun 2021 yang bergerak dalam penjualan mobil. Penjualan yang dilakukan oleh showroom tersebut masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan administrasi jual beli tersebut. Oleh karena itu peneliti membuat perancangan aplikasi untuk membantu showroom dalam kegiatan keseharian mereka. Dalam membuat aplikasi ini peneliti menggunakan java sebagai editor pembuatan aplikasinya. Dan metode yang digunakan adalah metode R&D (Research dan Development) yaitu menganalisis data-data yang ada dan mewawancarai pihak yang berwenang di showroom tersebut. Setelah itu .baru peneliti membuat aplikasi yang dibutuhkan, setelah jadi lalu di evaluasi oleh pihak showroom yang nantinya akan dipakai oleh pihak showroom tersebut. Hasil dari Penelitian ini adalah aplikasi yang menunjang kegiatan keseharian dari showroom tersebut. Kegiatan dalam hal ini adalah kegiatan administrasi penjualan dan pembelian . dan aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh showroom karena kegiatan yang serupa sebelumnya dilakukan secara manual.


Keywords


Aplikasi; Penjualan; Java

Full Text:

PDF

References


Buana. (2014). Pemrograman Database MySQL. Yogyakarta:MediaKom

Bunafit,Nugroho. (2013). Dasar Pemrograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Creswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Earth. (2010). Perancangan Sistem dan Analis (p. 56). Andi Offset

Jogiyanto. (2015). Analisis dan Sistem Informasi. Yogyakarta; Andi Offset, 2005.

Kristanto, A. (2018). Perancangan sistem informasi dan aplikasinya / Andri Kristanto (p. 182

Mukhlas, M., & Juliana, P. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Pabrik Genteng Jatiwangi. Polban-9th Industrial Research Workshop and National Seminar, 288–294.

Nababan, R. S., Alfarisi, S. & Mutia, I. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Pada Showroom Salman Auto Mobilindo Tugu Depok. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(1), 17. https://doi.org/10.24853/justit.11.1.17-23

Puspitasari, Diah, and Eka Noviyanti. (2020). Sistem Informasi Jasa Laundry Berbasis Desktop Pada Toko Syafira Laundry. Information Management for Educators and Professionals 4(2).

Putra, Mardi Yudhi, and Syahbaniar Rofiah. (2019). Sistem Informasi Jasa Laundry Pada Melaway Laundry Bekasi. Information System for Educators and Professionals 4(1):55–64.

Sukamto, Rosa Aryani, dan M.Salahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung:Informatika.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.5754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: