Perancangan Sistem Informasi Akademik pada TK Nurus Sholihah Menggunakan Java Netbeans

Muaz Lutfi, Wanti Rahayu, Hendro Purwoko

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah mempermudah tugas sekretaris dalam proses pencatatan siswa dan membantu dalam pencatatan laporan yang ditujukan kepada kepala sekolah TK Nurus Sholihah sehingga dapat dikerjakan secara efektif. Pada saat ini semua kegiatan pencatatan pada TK Nurus Sholihah masih dilakukan secara manual seperti mengolah data siswa, dan pembayaran spp, sehingga terjadinya kesalahan dalam pencatatan data pembayaran spp dan data siswa masih sering terjadi. Maka dari masalah yang timbul peneliti berharap dengan adanya aplikasi ini pencatatan di TK Nurus Sholihah yang masih manual menjadi terkomputerisasi sehingga proses menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode grounded research. Dalam metode pengumpulan data peneliti menggunakan hasil obervasi dan wawancara terhadap narasumber yang berkaitan dengan pokok penelitian. Data lainnya yaitu data sekunder didapatkan melalui metode pengumpulan data. Sehingga dapat kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada TK Nurus Sholihah Menggunakan Java Netbeans ini diharapkan dapat memudahkan sekretaris dalam proses pencatatan data.


Keywords


Perancangan Sistem Informasi; Akademik; Taman Kanak-kanak; Menggunakan Java; Netbeans

Full Text:

PDF

References


A. S. , Rosa dan M. Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Karuana, S. (2018). Aplikasi Pemeriksaan Sasaran Operasi P2tl Dengan Metode Rapid Application Development Berbasis Android Web Service Dengan Arsitektur Komunikasi Restful Api Pada Pt Pln Ws2jb. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Larasati, W. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sma Nusantara 1 Tangerang. Sekolah Tinggi Manajemen Dan Ilmu Komputer (Stmik) Raharja Tangerang.

Nugraha, Ramdhani, A., & Pramukasari, G. (2017). Jurnal Manajemen Informatika Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. Jumika, 4(2), 6.

Sarmidi, S. I. R. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Bank Sampah Puspasari Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, 02(01), 181–190.

Sobari, A. (2011). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Vega, A. I., Susano, A., & Alhidayatuddiniyah, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1).

Warni, P., & Wicaksono, S. R. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik pada PAUD Omah Bocah Annaafi’. Smatika, 05(02), 45–50.

Yuliana, K., & Azizah, N. (2019). Perancangan Rekapitulasi Pengiriman Barang Berbasis Web. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.5609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: