Sistem Informasi Pengolahan Penjualan dan Persediaan Obat pada Apotek Fifa

Gilang Perdana, Alqomari Cahyo, Aulia Ar Rakhman Awaludin

Abstract


Pada apotek Fifa sistem informasi pengolahan penjualan dan persediaan obat yang sedang berjalan masih bersifat manual. Semua laporan dari transaksi penjualan masih ditulis dalam buku. Rumusan masalah dari permasalahan diatas adalah bagaimana membangun sistem informasi yang dapat membantu mempermudah proses pekerjaan dan bagaimana sistem itu bisa berjalan dengan akses yang sudah ditentukan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk membangun sistem yang dapat membantu mempermudah proses pekerjaan yang dapat dijalankan dengan akses yang sudah ditentukan. Sistem ini dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman java dengan database MySQL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan tujuan untuk mengembangkan suatu produk atau menyempurnakan yang telah ada. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi dan studi pustaka.


Keywords


Sistem Informasi; Aplikasi; Penjualan dan Persediaan; Java Netbeans; MySQL; Research and Development

Full Text:

PDF

References


Abdullah, D. d. (2016). Sistem Informasi Pendataan Kendaraan Hilang Berbasis Web Pada Polres Binjai.

Anggraini, L. S. (2018). Peranan Promosi Melalui Advertising Terhadap Pencapaian Penjualan POLIS PADAPT. Asuransi Takaful Indonesia, Cabang Sangatta. JURNAL EKSIS Vol.14 No.2.

Hendini. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distri Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika.

Murad, & Fitria, D. (2013). Aplikasi Intelligence Website Untuk Penjunjang Laporan PAUD Pada Himpaudi Kota Tanggerang. Tanggerang: Jurnal CCIT.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Pakaya, R., Tapate, A., & Sulaeman, S. (2020). Perancangan Aplikasi Penjualan Hewan Ternak Untuk Kurban Dan Aqiqah Dengan Metode Unified Modeling Language (UML). Jurnal Technopreneur (JTech), 31-40.

Seresa, L., Afriani, S., & Fitriano, Y. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang pada Alfamart Merapi Kebun Tebeng Bengkulu.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Java adalah bahasa pemrograman objek murni karena semua kode programnya dibungkus dalam kelas. Yogyakarta: Andi Offset.

Tohari. (2014). Pendekatan Sistem Informasi. Jakarta: Andi Publisher.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.5395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: