Perancangan Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Java di PT Afconsult Energy Indonesia

Hermansyah Hermansyah, Een Juhriah, Maria Adelina Saragih

Abstract


Sistem surat menyurat adalah sebuah kegiatan yang penting dalam suatu perusahaan, maka harus diatur secara efektif dan juga efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan di P. Afconsult Energy Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah grounded research untuk mendeskripsikan sistem yang berjalan dan perancangan yang akan dibuat. Metode analisis dilakukan dengan melakukan observasi langsung di perusahaan, dokumentasi dan mempelajari dokumen-dokumen yang tersedia, dan wawancara kepada pihak terkait di perusahaan. Metode kepustakaan dilakukan dengan mencari data-data dan informasi-informasi tambahan dari berbagai buku. Peneliti mendapat hasil penelitian bahwa sistem pengarsipan surat ini sangat bermanfaat bagi perusahaan. Adapun manfaat dari sistem ini adalah sangat membantu para karyawan dalam pengolahan surat di dalam perusahaan tersebut, meudahkan dalam pencarian data yang diperlukan, dan tersedianya laporan yang tepat dan akurat saat dibutuhkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya aplikasi surat masuk dan surat keluar ini dapat memudahkan dan mempercepat sistem pengolahan surat pada perusahaan, menjadi lebih baik dan lebih efisien.

 

Kata Kunci: Surat, Perancangan, Sistem.


Full Text:

PDF

References


Darlianto, A., Permana, I., Sistem, J., Fakultas, I., Uin, T., Riau, S., Hr, J., & Km, S. (2016). SISTEM INFORMASI PENCATATAN SURAT MASUK ( Studi Kasus : Kantor Camat Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau ). 2(1), 37–43.

Ferdinandus, S., Wowor, I. H., Kom, M., Lumenta, A. S. M., & Rumagit, M. T. A. (n.d.). Perancangan Aplikasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada PT . PLN ( Persero ) Wilayah Suluttenggo. 1–7.

Nofriadi. (2015). Java Fudamental dengan Netbeans 8.0.2. deepublish.

Raharjo, B. (2018). Pemrograman C++ Revisi Kedua. INFORMATIKA.

Rahayu, S., & Hana, D. (n.d.). Sistem Informasi Pendataan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada SMK Negeri 5 Tangerang. 138–147.

Rahmah, D. L. (2014). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PERSURATAN BERBASIS WEB PADA PT . DWI PILAR PRATAMA. 7(3), 282–292.

Sugiharti, E., & Triliani, S. E. (2014). Perancangan Aplikasi Surat Masuk dan Keluar pada PT . Angkasa Pura 1 Semarang. 1(1).

Supriadi, I., Indrayani, R., & Trysda, V. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS WEB PADA KANTOR ASURANSI JIWA KANTOR LAYANAN. 8–9.

Supriyati, D., Jaya, T. S., & Yusman, M. (n.d.). Aplikasi Pendataan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Perusahaan ABC di Wilayah Lampung. 1–6.

Vironica, A. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Nawangan. 5(4), 44–51.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: