Perancangan Aplikasi Sistem Administrasi Perjalanan Dinas pada Ditjen PKTRANS

Reni Widiawati, Abdul Mufti, Achmad Sarwandianto

Abstract


Ditjen PKTrans dalam pengelolaan perjalanan dinas masih memasukan data secara manual yang mengakibatkan terganggunya proses kelancaran adminitrasi perjalanan dinas para pegawai dan kurangnya data yang akurat mengenai keseluruhan administrasi perjalanan dinas tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain adalah bagaimana membangun sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan perusahaan dalam  pengolahan data, pencarian data, pembuatan laporan dan bagaimana cara mengelola surat perintah perjalanan dinas menggunakan komputer yang dapat di akses dimanapun dan kapanpun. Tujuan  dari penelitian ini adalah menganalisa, merancang dan mengembangkan sistem administrasi perjalanan dinas yang dapat membantu, mempermudah dan mempercepat  proses pendataan perjalanan dinas serta dapat diakses secara online oleh seluruh fungsi terkait di Ditjen PKTrans. Metode penelitian yang di gunakan dalam  penelitian ini adalah studi lapangan yaitu pengamatan langsung, wawancara dengan pihak terkait dan juga melakukan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan, menganalisa kebutuhan, perancangan, implementasi, pengkodean dan pengujian. Hasil dari penelitian ini antara lain dapat memberikan kemudahan Ditjen PKTrans dalam  mengelola data perjalanan dinas baik untuk pencarian dan penyimpanan lembar surat tugas dan lembar rincian biaya perjalanan dinas ke dalam database sehingga administrasi perjalanan dinas menjadi lebih efektif, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Aplikasi system perjalanan dinas ini tercipta dengan dukungan bahasa pemrograman PHPdan database MySQL.

Keywords: Bussines Trip, PHP MyAdmin, Aplication System


Full Text:

PDF

References


A.S, Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Bunafit Nugroho. (2014). Panduan Proyek Membuat Website Toko Online dengan PHP, MYSQL dan Dreamweaver. PT Alif Media.

Connolly, T., Begg, C. (2010). Database Systems: a practical approach to design, implementation, and management (5th Editio). Pearson Education.

Fathansyah. (2012). Basis Data. Informasi Bandung.

Hartono, B. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis komputer. Rineka Cipta.

Indrajasi. (2015). Database Design. PT Elex Media Komputindo.

J Hutahaean. (2015). Konsep Sistem Informasi. Deepublish.

Maryam. (2016). Perancangan Aplikasi Laporan Perjalanan Dinas Dan Peminjaman Kendaraan Pada PT ARMINDO CATURPUTRA. Universitas Indraprasta.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Salemba Empat.

O’brien & Marakas. (2013). Management Information Systems (Sixteenth). McGraw-Hill/Irwin.

Sutarman. (2012). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Aksara.

Wenny. (2017). Prosedur Perjalanan Dinas Pimpinan dan Pegawai pada Lembaga Pengembangan Dan Penjamin Mutu Pendidikan Universitas Diponegoro.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu.

(A.S, Rosa dan Shalahuddin, 2013; Bunafit Nugroho, 2014; Connolly, T., Begg, 2010; Fathansyah, 2012; Hartono, 2013; Indrajasi, 2015; J Hutahaean, 2015; Maryam, 2016; Mulyadi, 2016; O’brien & Marakas, 2013; Sutarman, 2012; Wenny, 2017; Yakub, 2012)




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i01.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: