Perancangan Aplikasi Panduan Fotografi Untuk Pemula Berbasis Android

Bayu Priya Pradhana, Agus Darmawan, Ana Rusmardiana

Abstract


Fotografi merupakan salah satu kegiatan yang digemari oleh banyak orang dan banyak orang ingin mempelajarinya. Mempelajari sesuatu hal membutuhkan sebuah media untuk belajar atau sebagai panduan. Berkembangnya teknologi smartphone, khususnya android dapat menjadi sebuah platform media belajar panduan fotografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah media pembelajaran mengenai panduan fotografi yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat berjalan pada perangkat smartphone berbasis android dan didalamnya memadukan unsur multimedia untuk memudahkan pengguna dalam memahami panduan atau materi yang diberikan. Dengan dibuatnya aplikasi panduan fotografi ini diharapkan dapat membantu orang-orang yang ingin mempelajari mengenai dunia fotografi. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (Metode Penelitian dan Pengembangan), yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji produk tersebut melalui beberapa tahapan, sehingga produk tersebut dapat berfungsi dengan baik. Adapun hasil penelitian ini, yaitu aplikasi ini dapat menjadi alternatif media belajar panduan fotografi yang berjalan pada perangkat smartphone berbasis android. Dengan memadukan elemen multimedia dalam aplikasi ini dapat mempermudah pengguna dalam memahami materi yang diberikan

Keywords


Perancangan; Aplikasi; Panduan; Fotografi; Android

Full Text:

PDF

References


Agusvianto, H. (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus : PT.Alaisys Sidoarjo. Journal Information Engineering and Educational Technology (JIEET), 1(1), 40–46. doi: http://dx.doi.org/10.26740/jieet.v1n1.p40-46.

Ainin, Q. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Universitas Pasundan.

Alfarisi, S. (2019). Aplikasi Media Pengenalan Jenis Kamera Dan Lensa Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 9(1), 124–30.

Hendriyani, Y., & Suryani, K. (2020). Pemrograman Android Teori Dan Aplikasi. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Karyadi, B. (2017). Fotografi (Belajar Fotografi). Bogor: NahlMedia.

Pangestu, P., & Widayati, S. (2016). Aplikasi Teori Dasar Fotografi Berbasis Mobile. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI (Komputer & Sistem Informasi), 15(2), 67–76.

Rosa, A. S., & M. Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Setyawan, D. I., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2018). Perancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran Dan Komunikasi Bagi Anak Tuna Rungu. Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 2(8), 2933–43.

Subhyakta, T. A. (2016). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Fotografi Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1–11.

Susilo, M., Kurniati, R., & Kasmawi. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. doi: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171.

Wulandari, D. A., Murnomo A., Wibawanto H., & Suryanto, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577–84. doi: 10.25126/jtiik.20196994.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.5012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: