Perancangan Sistem Penggajian Guru dan Karyawan di SDIT Insan Mandiri Depok

Firda Aldin, Tria Hadi Kusmanto

Abstract


Perkembangan teknologi sekarang ini semakin beragam, terutama dalam sebuah instansi atau perusahaan. Salah satunya yaitu sistem penggajian karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem penggajian di SDIT Insan Mandiri Depok yang masih banyak kekurangan karena  menggunakan sistem manual, sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang memudahkan pekerjaan admin dalam memproses penggajian setiap bulannya. Sistem penggajian yang diusulkan mengacu pada jumlah kehadiran, transport dan uang makan sesuai jabatan guru dan karyawan. Sistem penggajian dibangun menggunakan metode R&D (Research and Development) untuk menggantikan sistem lama dengan sistem baru yang terkomputerisasi dan telah lulus serangkaian uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi langsung, serta studi kepustakaan sebagai acuan dalam perancangan sistem yang baru. Hasil dari penelitian yaitu sebuah aplikasi penggajian berbasis desktop yang lebih efisien, mudah digunakan dan jauh dari kesalahan yang sering dilakukan manusia.

Kata Kunci: Aplikasi, sistem penggajian, guru, karyawan, R&D


Full Text:

PDF

References


Haryadi, C., & Arifin, R. W. (2016). Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PT. White Horse Ceramic Indonesia. Bina Insani ICT Journal, 3 No. 2(ISSN : 2355 – 3421), 370–383.

Hermawan, T. D., & Wardati, I. U. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Punung. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 8(ISSN : 1979-9330), 65–68.

Nurseha. (2016). Perancangan Sistem Aplikasi Penggajian Guru / Karyawan dan Administrasi pada TK Az-Zahra. Universitas Indraprasta PGRI.

Ramadhan, G. (2016). Perancangan Sistem Administrasi Penggajian Guru dan Karyawan di SDIT Al-Muhajirin Bogor. Universitas Indraprasta PGRI.

Saputra, A. W., & Bukhori, I. (2014). Perancangan sistem informasi penggajian Pada Sekolah Menengah pertama (SMP) PGRI Kebonagung. Indonesian Journal on Networking and Security, 3 No. 3.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: