Aplikasi Sistem Administrasi Keuangan Sekolah pada Madrasah Ibhtidaiyah Unggulan Ar-Ridho Tajurhalang

Wahyu Waluyo

Abstract


Pengolahan data administrasi keuangan Madrasah Unggulan Ar-ridho masih menggunakan cara manual sehingga dalam pelaksanaannya kurang optimal. Beberapa kendala yang timbul sebagai akibat dalam pengolahan data secara manual tersebut adalah pembuatan atau penyajian dan tidak dapat dilakukan dengan cepat, kemungkinan kesalahan proses pengolahan data dapat terjadi. sehingga mengakibatkan tidak terkontrolnya data pembayaran spp, ujian, dan pembayaran daftar ulang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode grounded research yaitu melakukan penelitian berdasarkan fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu bersamaan. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Aplikasi Administrasi Keuangan Sekolah Madrasah Ibhtidaiyah Unggulan Ar-ridho Tajurhalang yang meliputi proses pendataan siswa, spp, ujian dan daftar ulang. Aplikasi Administrasi Keuangann Sekolah ini menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengguna yaitu meliputi input data dan laporan data yang diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data administrasi keuangan serta pembuatan laporan yang lebih akurat, cepat dan tepat waktu Yang bertujuan untuk menganalisis proses administasi keuangan sekolah yang terdapat pada Madrasah Unggulan Ar-ridho Tajurhalang yang masih menggunakan cara manual dalam pencatatannya untuk diperbaharui menjadi sistem terkomputerasi sehingga memudahkan tata usaha dalam pengerjaannya.

Kata Kunci: Aplikasi, Sistem, Administrasi, Keuangan


Full Text:

PDF

References


Arif, Achmad Yusron. (2019). Pengertian MySQL, Kelebihan Dan Kekurangan. 2019.

Adyanata, L. (2016). Basis Data Dasar. In Deepublish.

Heru, rohman. (2019). pengertian java. In belajar java.

Ibrahim, A. (2013). Pengertian Aplikasi dan Sejarah Perkembangan Aplikasi _ Pengertian dan Definisi.

Mulyadi. (2016). Pengertian sistem menurut mulyadi. In Sistem Akuntansi.

Susanti, E. D. (2017). Sistem Informasi Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Web di SMK YP 17 Selorejo. Journal of Information and Technology, 5(1), 53–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Wulansari, N., Purnama, B. E., & Wardati, I. U. (2013). Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Sekolah Pada Sekolah Menengah Kejuruan SMK PGRI 1 Pacitan. Indonesian Journal On Networking and Security, 5700(November), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: