Rancangan Aplikasi Pengadaan Alat Praktek Pendidikan di PT Dhera Perkasa Abadi Berbasis Java

Rahmah Oktaviani Rizky, Wahyu Nur Cholifah, Lies Sunarmintyastuti

Abstract


PT Dhera Perkasa Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia alat praktek pendidikan. Sistem yang berjalan memiliki kelemahan yaitu masih menggunakan Microsoft word dan Microsoft excel dalam penginputan data. Dan media penyimpanan data masih berupa arsip, yang besar kemungkinan akan rusak atau hilang. Tujuan dari penelitian pembuatan perancangan aplikasi pengadaan alat praktek pendidikan yang dapat mempermudah dalam mengelola data yang terdapat pada PT DHERA PERKASA ABADI dengan mengumpulkan data-data untuk menganalisis dan merancang sistem aplikasi pengadaan barang alat praktek pendidikan pada PT Dhera Perkasa Abadi. Dalam perancangan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHP MyAdmin untuk database dan aplikasi NetBeans sebagai alat bantu pembuatan aplikasi sistem informasi tersebut. Aplikasi ini membantu proses pencatatan pendaftaran dan otomatisasi peminjaman, pengembalian, serta membantu mempercepat proses pembuatan laporan tersebut. Dengan adanya sistem aplikasi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi PT Dhera Perkasa Abadi.

Kata Kunci: Java, MySQL, Aplikasi pengadaan barang


Full Text:

PDF

References


Anggunsari, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengadaan Sarana dan Prasarana Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung. Universitas Pasundan Bandung.

Jogiyanto. (2010). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu.

Mardiani, Eri. (2013). Inventory Menggunakan Java Netbeans, XAMPP, dan IReport. Elex Media Komputindo.

Metry Amelia. (2015). Sistem Pengolahan Data Barang Paisley Thing dengan Menggunakan Java. Universitas Indraprasta PGRI.

Yourdon, E. (2010). Electronic Data Processing Structured Techniques System Analysis. Englewood Cliffs.

Yahya, Marzuqi. (2010). Panduan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah. Forum Sahabat.

.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: