Perancangan Aplikasi Perjalanan Dinas pada Biro Keuangan Sekretariat Kementerian Pariwisata Berbasis Java

Novia Puspitasari

Abstract


Penelitian adalah untuk memudahkan pegawai di Biro Keuangan Sekretariat Kementerian dalam membuat surat sebelum melaksanakan perjalanan dinas. Dengan dibuatnya aplikasi ini akan membuat keseragaman dalam pembuatan surat sehingga memperbaiki tata naskah persuratan. Penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Grounded Research  yaitu suatu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan data dan analisis data dalam waktu bersamaan, dalam riset ini merupakan sumber teori atau teori berdasarkan data. Adapun pemilihan program aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemograman Java NetBeans dan MySQL sebagai pengelolaan database, dengan interface yang mudah dipahami user. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan sistem pengelolaan data yang terkomputerisasi dapat menjadikan pekerjaan lebih efektif dan efisien, informasi lebih cepat, tepat dan akurat dibanding sistem manual, dan data proses untuk pengolahan data perjalanan dinas tersimpan dalam sebuah database.

Kata Kunci: Perancangan, Perjalanan Dinas, Java


Full Text:

PDF

References


Arman, Yanto, G., Nelfira, & Rahmi. (2018). Perancangan Aplikasi SPJ Perjalanan Dinas Pada Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman. Menara Ilmu, XII(6), 10–19. https://doi.org/10.33559/mi.v12i6.824

Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kementerian Keuangan. (2012). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 113/PMK.05/2012 tentang Perjalanan Dinas Dalam Negeri Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri, dan Pegawai Tidak Tetap.

Ladjamudin, A. B. Bin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Savitri, P., Amaliah, S., & Imani. (2017). Rancang Bangun Sistem Perjalanan Dinas Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat. Jurnal Infotronik, 2(1), 55–66.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: