Perancangan Sistem Informasi Penjualan Obat di Apotek Rakyat Cito Fortis Berbasis Java Standard Edition

Diana Oktapiani, Ahmad Husain, Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari

Abstract


Apotek Rakyat Cito Fortis bergerak dalam bidang kesehatan yang menjual berbagai jenis obat dan alat kesehatan. Sistem informasi yang sedang berjalan pada Apotek Rakyat Cito Fortis masih bersifat konvensional, contohnya dalam melakukan pencatatan dan proses transaksi penjualan dan pembelian. Tujuan penelitian adalah merancang suatu sistem informasi penjualan obat di Apotek Rakyat Cito Fortis dengan berbasis java standard edition agar dapat mempermudah proses kegiatan apotek dalam pengolahan data, transaksi penjualan dan pembelian, serta pembuatan laporan yang diharapkan dapat lebih cepat dan tepat. Metode penelitian yang digunakan untuk merancang sistem informasi ini adalah metode Research and Development (R&D), yang berarti suatu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yang melalui berbagai tahapan dan pengujian. Pada penelitian ini produk yang dihasilkan, yaitu berupa sebuah sistem informasi penjualan obat. Untuk metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dan merancang sistem informasi penjualan obat, dapat disimpulkan sistem yang dibangun adalah sistem informasi yang mencakup proses input data, proses transaksi, dan proses pembuatan laporan. Dengan dibuatnya sistem informasi penjualan obat di Apotek Rakyat Cito Fortis diharapkan sistem lama secara konvensional menjadi sistem komputerisasi yang dapat membantu dan membuat kinerja karyawan menjadi lebih maksimal.

 


Keywords


Perancangan; Sistem Informasi; Penjualan; Obat; Apotek

Full Text:

PDF

References


Arif. (2016). Rancangan Teknik Industri. Yogyakarta: Deepublish.

Marselina. (2021). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Obat Di Apotek K-24 Jam Pasar Minggu Berbasis Java Netbeans. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2021, 1–8. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5093/923

Rahman, A. (2014). Sistem informasi penjualan dan pembelian obat di apotek almaidah selatpanjang riau skripsi (Vol. 1, Issue Strata 1). Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (9th Edition). USA: Pearson Education.

Subhan. (2012). Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiarti, Y. (2018). Dasar-Dasar Pemrograman Java Netbeans: Database UML dan Interface. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, T., & Purnama, B. E. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Obat Pada. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 9330(2), 1–7. https://doi.org/10.1123/ijns.v4i3.308

Winardi. (2011). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: