Rancangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Sekolah pada SMP Muttaqien Jakarta Berbasis Java

Hary Mochamad Saputro, Lusi Ariyani, Ari Irawan

Abstract


Perkembangan teknologi kian membawa harusnya kemudahan siswa untuk memperoleh informasi, diantaranya informasi akademik sekolah yang kini dapat dengan mudah diakses dengan laptop atau PC. Perkembangan ini sudah banyak sekolah yang memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi namun beberapa sekolah masih belum ada yang menerapkannya. Maka dibuatlah rumusan masalah bagaimana cara membangun aplikasi dari manual menjadi aplikasi yang terkomputerisasi serta cara kerjanya dari aplikasi tersebut. Tujuan awal penelitian dari sistem informasi ini jika dilihat dari permasalahannya untuk menggantikan dan mengembangkan sistem yang masih manual, kurang efektif dan efisien serta membutuhkan waktu yang cukup lama kedalam sIstem yang terkomputerisasi, juga tujuan lainnya menjadikan sistem ini dengan memudahkan pengelola dalam memberikan laporan yang akurat kepada kepala sekolah maupun sebaliknya juga mempercepat kinerja pengelola sekolah dalam proses pembuatan laporan serta membuat data sekolah. Dalam hal ini metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu grounded research. Dengan tujuan dapat menggunakan analisa perbandingan yang mendasarkan diri kepada fakta dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori pengumpulan data dan analisa data berjalan pada waktu yang bersamaan. Hasil penelitian yang dilakukan, peneliti mengambil kesimpulan yaitu dengan membuat sistem informasi akademik dari manual menjadi aplikasi yang terkomputerisasi pada SMP Muttaqien berbasis java. 

Kata Kunci: Sistem informasi akademik, Akademik berbasis java, Akademik sekolah


Full Text:

PDF

References


Firdaus. 2014. “Sistem Informasi Akademik (SIA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cendana Padang Pandang Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Yang Berbasiskan Object Oriented Programming (OOP) (Studi Kasus SMK Cendana Padang Panjang).” Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer Vol.1 No.(2): 1–26.

Kuryanti, Sandra J. 2014. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Dengan Java.” JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA 2 No.(1).

Nimas. 2016. “Pengertian Dan Contoh Data Flow Diagram (DFD) Atau Diagram Alir Data (DAD).” Pro.Co.Id: 1.

Novita, L. 2017. “Indikator Mutu Sekolah Menurut Perspektif Orangtua Siswa Di Smp Negeri 2 Bantul.” Jurnal Kebijakan Pendidikan VI(2): 184–93.

RT Djaelangkara. 2015. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Kristen 1 Tomohon.” E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer 4(3): 86–94.

Rusmawan, Uus. 2019. “Tekinik Penelitian Tugas Akhir Dan Skripsi Pemrograman - Pengertian ERD.” Marlinda 2(2): 64.

Sugiyono, Prof.Dr. 2016. Alfabeta, cv. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D.

Supriyati. 2011. “Pengertian Observasi.” 2011: https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi.

Susanti, Melan. 2016. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta.” Informatika.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: