Rancangan Sistem Pembayaran Uang Kursus Berbasis Android

Arimaya Setyorini

Abstract


Smartphone merupakan telepon genggam atau telepon seluler pintar yang dilengkapi dengan fitur mutakhir dan berkemampuan tinggi layaknya sebuah komputer. Selain dilihat dari fungsinya, smartphone juga menjadi populer lantaran praktis. Penerapan teknologi smartphone berbasis aplikasi android, cenderung diminati di dunia bisnis dengan berbagai jenis bidang usaha, seperti halnya kegiatan usaha tempat kursus. Rancangan Sistem Pembayaran Uang Kursus Berbasis Android adalah aplikasi yang peneliti rancang untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada dalam pengelolaan pembayaran uang kursus yang masih manual sehingga mengalami kesulitan dalam memantau data pembayaran, tunggakan, bahkan dapat terjadi kesalahan dan kehilangan data. Penelitian ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model pendekatan Prototype. Aplikasi berbasis android ini memanfaatkan layanan client-server, device android sebagai client dan MySQL sebagai database di server. Terdapat berbagai menu diantaranya menu login, menu utama dimana dalam menu ini terdapat sub menu kelola data murid, kelola pembayaran murid, menu laporan data murid dan laporan pembayaran murid. Aplikasi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan pengelolaan pembayaran uang kursus sehingga pengelolaan data murid, proses pencatatan pembayaran uang kursus dan pelaporan kepada orangtua murid menjadi lebih mudah dan praktis. Data pembayaran uang kursus tersedia dalam satu genggaman, sehingga data selalu tersedia kapanpun.

Kata Kunci: Uang Kursus, SDLC, Prototype, Aplikasi Android Client-Server


Full Text:

PDF

References


A.S., M. S. (2011). Modul Pembelajaran: Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur Dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Hariyanto, B. (2010). Esensi-Esensi Bahasa Pemrograman Java (Edisi Ketiga). Bandung: Informatika.

Hendrik Ika Dita Widia. (2017). Sistem Informasi Pembayaran Spp Pada Smk Pawyatan Daha 3 Kediri. Simki-Techsain, 01(05), 1–7

Kustiyahningsih, Y. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan Php & Mysql. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lauren, G. & M. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi, 12(2)

Mustakini, J. H. (2014). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak-Buku Satu Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi Offset.

Rizky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Safaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Widia, H. I. (2017). Sistem Informasi Pembayaran SPP pada SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Jurnal Ilmiah Simki-Techsain vol. 01 no. 05, 3-8.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: