Sistem Administrasi Guru TPQ An-Nabaa Jakarta Timur Berbasis Java

Nabilah Farhana Nurul Amalia, Aswin Fitriansyah, Chatarina Febriyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan data administrasi guru. Pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien, serta keamanan dan akurasi data lebih terjamin. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, serta melakukan penelitian kepustakaan yang relevan. Dimana dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu perancangan sistem yaitu Diagram Alir Data (DAD) Konteks, Nol dan Rinci serta dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans dan database MySQL menggunakan XAMPP. Hasil dari penelitian ini adalah adanya sistem administrasi yang dapat mempermudah dalam mengolah data guru, data absensi, data jadwal mengajar dan cuti, dan data gaji guru yang tersimpan di dalam database.


Keywords


Sistem; Administrasi; Java Netbeans

Full Text:

PDF

References


Enterprise, J. (2016). Belajar Java, Database, dan Netbeans dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Fathansyah. (2015). Basis Data Dasar. Bandung: Informatika.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Ladjamudin, A.-B. B. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Muhammad Muslihudin, O. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Muharni, S. (2021). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi. Makassar: CV Sah Media.

Siahaan, V. (2020). Tutorial 7 Hari Pemrograman Java. Jakarta: Balige Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.4629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: