Aplikasi Informasi Objek Pariwisata Lampung Berbasis Android

Ahmad Aji Waskita, Aan Risdiana, Agus Wilson

Abstract


Pariwisata merupakan salah satu sektor tercepat pertumbuhannya di bidang ekonomi jasa, bersamaan dengan sektor telekomunikasi dan teknologi informasi. Provinsi lampung saat ini memang belum menjadi tujuan utama para wisatawan, dikarenakan informasi mengenai wisata di provinsi lampung masih terbilang cukup minim. Lampung memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, tempat-tempat tersebut belum banyak diketahui oleh para wisatawan. kebutuhan akan informasi yang dapat diakses dengan mudah dan cepat menggunakan smartphone, dikarenakan penyampaian informasi melalui smartphone berbasis android lebih sederhana dan mudah dalam satu genggaman. Tujuan penelitian ini adalah membangun aplikasi informasi objek pariwisata lampung berbasis android yang dimana diharapkan dapat mempermudah pengunjung wisata untuk mendapatkan informasi seakurat mungkin baik dalam informasi wisata dan rute aksesnya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan kuesioner. Kesimpulan hasil dari penelitian ini dapat mempermudah informasi dan membantu promosi pariwisata di provinsi lampung.


Keywords


Pariwisata; Lampung; Android

Full Text:

PDF

References


Akbarsyah, N. G. (2017). Upaya Pengelola Objek Wisata Museum Sultan Mahmud Badarudin Ii Palembang Dalam Menyampaikan Edukasi Komunikasi (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Anggara, B., Andoyo, A., Kasmi, K., & Ipnuwati, S. (2018, November). Perancangan Aplikasi E-TourismBerbasis Android sebagai Strategi Promosi Pariwisata Provinsi Lampung. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 13-18).

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & aplikasi riset pendidikan

Arifin, R. Z., & Junaidi, M. (2020). Aplikasi Peta Wisata Berbasis Android Kabupaten Pesawaran. Jtksi, 03(02), 61–68.

Hunziker dan Kraft. (2018). 25 Pengertian Pariwisata Menurut Pendapat Para Ahli Terlengkap. Diambil kembali dari Pelajaran: http://www.pelajaran.co.id/2017/04/pengertian-pariwisata-menurutpendapat-para-ahli-terlengkap.html

Nurmaesah, N., Lestari, T., & Mariana, A. R. (2017). Aplikasi Steganografi Untuk Menyisipkan Pesan Dalam Media Image. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 13-17.

Safaat, Nazruddin. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC. Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Supardi, Yuniar. (2011). Semua Bisa Menjadi Programer Android. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: