Perancangan Aplikasi Sistem Manajemen Penjualan Berbasis Java Netbeans pada Toko Apara Jaya Perkasa Depok

Monica Regita, Aan Risdiana, Agus Kodir Arifin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk membuat aplikasi sistem manajemen penjualan pada toko Apara Jaya Perkasa yang masih menggunakan sistem manual dalam kegiatan jual beli dan stok barang, merancang sistem informasi untuk pengelolahan data barang dan penjualan berbasis Java Netbeans. Metode Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Waterfall yang merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari analysis, design, coding, testing, dan maintenance. Hasil yang dicapai adalah aplikasi manajemen penjualan untuk toko yang menjadikan sistem stok barang dan penjualan di toko Apara Jaya Perkasa menjadi terkomputerisasi serta pencatatan laporan, harga barang jadi lebih mudah dan akurat. Selain itu dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pekerjaan admin dalam melakukan pendataan barang, memudahkan pemilik toko dalam melihat pengeluaran dan pemasokan penjualan di toko setiap hari, setiap bulan dan setiap tahun. Dalam membangun sistem ini digunakan alat bantu perancangan sistem yaitu Diagram Alir Data (DAD) Konteks, Nol dan Rinci serta menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans IDE, database MySQL menggunakan XAMPP dan IReport sebagai pencetak laporannya.


Keywords


Sistem Manajemen; Stok Barang; Penjualan; Java Netbeans

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T. D. F. Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Cet. Ii. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Adha Rusdita Pratiwi, Puji Astuti, & Endang Sulistyaniningsih. (2021). Aplikasi Penjualan Dan Pemesanan Pada Cipta Rasa Bakery Berbasis Java Netbeans. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK).

Al-Bahra bin Ladjamudin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Analisis Dan Desain Sistem Informasi, 53(9).

American Marketing Association. (2008). The American Marketing Association releases new definition for marketing. Press Release.

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. In Informatika Bandung.

Chan, S. (2017). Membuat Aplikasi Database dengan PowerBuilder 12.6 dan MySQL. Elex Media Komputindo.

Griffin, R; Moorhead, G. (2014). Organizational Behavior: Managing People and Organizations: Ricky W. Griffin, Gregory Moorhead. In Cengage Learning.

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. In Jurnal Administrasi Pendidikan UPI (Vol. 3, Issue 1).

Indrajani. (2014). Basis Data. In Database Design (Case Study All in One).

Kristanto, A. (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya (Edisi Revisi). Gava Media.

Maniah; Hamidin, D. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem. Universitas Widya Mandala Madiun.

Muhbib, A. H. (2013). Implementasi Dekstop Sistem. Sistem Informasi.

Muthia, N., Amalia, H., Puspita, A., & Lestari, A. F. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DENGAN MODEL WATERFALL BERBASIS JAVA DESKTOP. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1). https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.582

Nugroho. (2013). Xampp. In IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - ISSN: 2302-5700.

Nur, R., & Suyuti, M. A. (2017). Perancangan Mesin-Mesin Industri. In CV BUDI UTAMA.

Saputra, A., Bidang, P., & Pengamatan, T. (2012). Kajian Kebutuhan Perangkat Lunak Untuk Pengembangan Sistem Informasi Dan Aplikasi Perangkat Lunak Buatan Lapan Bandung. Juni, 13(2).

Supardi, I. Y. (2010). Semua Bisa Menjadi: Programmer Java Basic Programming. PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.4429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: