Perancangan Aplikasi Pembayaran SPP dan Tabungan pada SD Labs School Kaizen Berbasis Java Netbeans

Nurma Alna Marisa, Shedriko Shedriko, Abdul Mufti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah transaksi Pembayaran SPP dan mengurangi tingkat kesalahan pada SD Labs School Kaizen sehingga dapat dikerjakan secara lebih cepat dan efektif. Pada saat ini sistem yang ada di SD Labs School Kaizen masih menggunakan cara manual dalam pembuatan laporan dan proses pembayaran. Maka dari itu dengan adanya aplikasi ini diharapkan agar sistem pembayaran ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sebelumnya. Peneliti juga melakukan penelitian dengan metode observasi yaitu teknik pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung dan wawancara untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan. Setelah dilakukan pengujian peneliti menyimpulkan bahwa aplikasi pembayaran berbasis sistem komputer dapat secara efektif dan efisien dalam penyajian data yang cepat dan akurat, sistem pembayaran ini tercipta dengan dukungan bahasa Pemrograman Java Netbeans 8.2 dan XAMPP.


Keywords


Perancangan; Aplikasi; Pembayaran; Java Netbeans

Full Text:

PDF

References


Atmoko, E. H. (2013). Program Akuntansi beserta Manajemen Aset Menggunakan VB dan SQL Server. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Baswananda, A. R. (2013). Sistem Pembayaran SPP Berbasis Komputer Pada SMA Kesatrian I Semarang.

Elisabet, Yunaeti & Rita Irviani. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Heriyanto, Y., & Oktavianis, N. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Pada SMK Negeri 04 Pekanbaru Berbasis Dekstop. Jurnal Intra Tech, 3(1), 10-15.

Ningsih, S. D. (2021). Implementasi Aplikasi Pembayaran SPP Pada TK Al-Hidayah Tangerang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(1), 1-7.

Ramadhan, D. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran pada SMPI Al-Hasyimiyah Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03).

Rizal, W. M., Bustanul, N., & Hutajulu, B. M. W. (2021). PERANCANGAN APLIKASI ADMINISTRASI SISWA PADA SMK Al-MUHAJIRIN DI DEPOK BERBASIS JAVA NETBEANS. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 11(2), 25-31.

Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sutabri, T. (2012). Konsep sistem informasi. Penerbit Andi.

Yanto, Robi. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.4382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: