Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Dika

Rangga Prasetyo, Caka Gatot Priambodo, Surajiyo Surajiyo

Abstract


Laundry Dika adalah salah satu pembisnis penyedia jasa cuci dengan konsep cuci dan setrika. Dalam proses transaksi pembayaran laundry dika masih menggunakan metode pencatatan manual dan laporan harian masih manual. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi pelayanan jasa laundry dika berbasis java netbeans maka pekerjaan lebih efisien dan terstrukturisasi. Metode penelitian yang digunakan grounded theory, dimana perancangan sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada di laundry dika. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah sistem informasi palayanan jasa laundry dika dengan alat perancangan sistem Diagram Flow Data (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), dengan bahasa pemograman Java dengan Netbeans IDE, dan database MySQL menggunakan Xampp. Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Dika memiliki beberapa hasil keluaran yaitu tentang laporan ambilbarang, pengantaran, keterlambatan, keluhan, laporan harian dan laporan bulanan


Keywords


Sistem Informasi; Pelayanan; Jasa Laundry.

Full Text:

PDF

References


Dwi Kurniawan Sutanto. 2017. Perancangan Sistem Informasi Jasa Laundry Pada Resik Laundry Berbasis Java. Universitas Indraprasta PGRI.

Fajarwati, A. 2018. Perancangan Sistem Informasi Laundry Berbasis Deskop Pada Toko Amanah Laundry. Universitas Indraprasta PGRI.

Jaluanto Sunu Punjul Tyoso. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Juliansgah, Noor. 2013. Metodologi penelitian skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugroho, dan Adi. 2011. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurrlela, F. 2013. Aplikasi SMS Gateway Sebagai Sarana Penunjang Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjosari. Indonesian Journal of Network & Security 2(4).

Rosa, dan Shalahudin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak,Tersetruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sugirto, dan Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sutanta, dan Endy. 2011. Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuridika. 2017. Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Rachmadi Usman.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.4285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: