Sistem Informasi Pembayaran dan Pendataan Kost D’house Petukangan Jakarta Selatan

Satria Rahmanda Sumiko

Abstract


Kost D’HOUSE merupakan suatu bidang usaha penyewaan kosan yang dalam pengelolaan informasinya masih menggunakan cara manual. Pengolahan data dan pembayaran kost yang belum menggunakan sistem terkomputerisasi sering terjadi kurang akuratnya data yang masuk dengan data yang keluar. Serta, lamanya waktu dalam pembuatan laporan. Terkait, permasalahan yang terjadi membuat pihak kost ingin mengubah sistem manual yang ada dengan sistem komputerisasi. Aplikasi ini dibuat guna membentu kinerja pihak kost dalam hal pengolahan data pembayaran customer masuk dan customer keluar kost sehingga lebih efektif, efisien, dan cepat. Dalam melakukan penelitian ini penulis yaitu metode grounded (grounded research) yaitu suatu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancangan aplikasi dengan Java NetBeans yang dipergunakan untuk penginputan data pembayaran, pendataan, dan laporan-laporan seperti laporan data pembayaran dan pendataan, laporan periode bulanan yang dapat mempermudah admin kost D’house petukangan jakarta selatan dalam mengolah data. Kesimpulaan dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem informasi pembayaran dan pendataan kost yang terkomputerisasi dapat memberikan kemudahan untuk pihak kost dalam mengelolah data kost menjadi lebih akurat, efisian dan cepat.


Keywords


Sistem Informasi; Pembayaran; Pendataan; Kost

Full Text:

PDF

References


Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arsul, M. A., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (n.d.). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Indekos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Pengembangan Rational Unified Process (RUP). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No(e-ISSN: 2548-964X), hlm. 5953-5961.

Budiman, A., Wahyuni, L. S., & Bantun, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Dan Pemesanan Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal TEKNOKOMPAK, Vol. 13, N(P-ISSN 1412-9663, E-ISSN 2656-3525), 24–30.

Ladjamudin, A.-B. Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarata: Graha Ilmu.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Rachmawati, A., Budiman, A., Wahyuni, L. S., Bantun, S., Wiharto, A., Budihartanti, C., … Herlambang, A. D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pencarian Dan Pemesanan Rumah Kos Berbasis Web (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Prosisko, 13(2), 24–30. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i2.356

Satria Novatri, H. S. (n.d.). Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Kost HJ.Murni Baturaja Menggunakan Embarcadero XE2. JIK, Vol. 8 No.(ISSN 2089-4384).

Setiawan, R., Supriatna, A. D., & Kusuma, A. H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Rumah Kos Deo Garut Berbasis Web. Jurnal Algoritma, Vol. 17-, Hal 368-377.

Subagyo, P. J. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bnadung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.4054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: