Perancangan Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Java Netbeans pada JR Futsal Bekasi

Ronggo Dimas Prasetio Winoto, Wanti Rahayu

Abstract


Di Era globalisasi seperti sekarang ini, teknologi menjadi kebutuhan primer di segala bidang. Sebagai contoh saat ini adalah penggunaan komputer. Komputer dapat membantu dan memudahkan kerja sesorang untuk membangun dan mengerjakan sebuah proyek. Salah satunya adalah sebuah bisnis penyewaan lapangan futsal pada JR Futsal Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi penyewaan lapangan futsal berbasis Java Netbeans agar memudahkan alur penyewaan dan transaksi yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi terkomputerisasi dimana pencatatan dan transaksi akan berubah menjadi pengolahan data yang efektif dan efisien. Dalam perancangan aplikasi tersebut menggunakan metode penelitian Grounded Research yaitu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori, dan mengembangkan teori di mana pengumpulan data dan analisis data berjalan pada waktu yang bersamaan. Sedangkan untuk metode perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini akan memudahkan karyawan khususnya admin dalam mengelola sebuah usaha penyewaan lapangan futsal sehingga alur pada penyewaan dan transaksi menjadi lebih baik

Keywords


Perancangan; Aplikasi; Penyewaan; Java Netbeans; UML

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, F. (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Pratama, A. E. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Informatika.

Ratnasari, D., Hadi, H. F., & Budiarto, J. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Android. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 16(2), 144. https://doi.org/10.12962/j24068535.v16i2.a738

Rizky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rosa, & Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Yogyakara: CV. Andi Offset.

Swastika, R. H., & Khasanah, F. N. (2017). Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Pada Futsal Corner Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 1(2), 251–266.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.3718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: