Pembangunan Sistem Informasi Kasir pada Pemancingan Simanu Condet Jakarta Timur Berbasis Java Netbeans

Aditya Pratama, Kevin Septianzah, Randi Ramliyana

Abstract


Pemancingan Simanu merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang penyewaan kolam ikan serta pejualan makanan dan minuman. Pemancingan Simanu memiliki permasalahan, sering terjadi kesalahan dalam pencatatan dan pembayaran karena keterbatasan manusia dalam hal kecepatan, ketelitian dan dapat timbulnya kurang efektif dan efisien dalam melakukan sebuah pekerjaan dikarenakan sistem yang ada pada saat ini masih menggunakan pencatatan manual. Serta administrasi keuangan perusahaan masih secara manual, menyebabkan timbulnya kehilangan dan kerusakan. Untuk mempertegas dan mempelajari permasalahan seperti yang telah diuraikan, maka rumusan masalah yang dapat peneliti jelaskan adalah membuat aplikasi yang dapat digunakan oleh kasir, yang dapat membantu proses penyimpanan data barang, data konsumen, data booking, data pesanan dan proses transaksi dan membuat aplikasi yang dapat membantu kasir dalam pembuatan laporan yang cepat dan akurat sehingga mencegah kerugian bisnis. Adapun tujuan penelitian membangun aplikasi kasir untuk mempermudah user dalam pendataan dan mempermudah user dalam pembuatan laporan. Untuk memecahkan masalah diatas peneliti menggunakan metode research and development, observarsi, wawancara dan studi pustaka. Sehingga peneliti dapat mengambil kesimpulan dari hasil penelitian bahwa tersedianya penyimpanan data menggunakan database dapat mempermudah kasir dalam pencarian data, dan penyimpanan data dan mempermudah kasir dalam pembuatan laporan tanpa harus menyalin data-data kedalam buku.


Keywords


Pembangunan; Sistem Informasi; Aplikasi Kasir; Java; MySQL

Full Text:

PDF

References


Ananda, I., & Zuraidah, E. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada PT Asia Truk Pratama Jakarta. Jurnal Informatika, 6(2), 193–200. https://doi.org/10.31311/ji.v6i2.6248

Djamaludin, I., & Nursikuwagus, A. (2017). ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 671. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1566

Jamal, A., & Yulianto, L. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi Kasir Menggunakan Barcode Reader Pada Toko Dan Jasa Widodo Computer Ngadirojo Kabupaten Pacitan. 5(3), 10.

Julianti, M. R., Dzulhaq, M. I., & Subroto, A. (2019). Sistem Informasi Pendataan Alat Tulis Kantor Berbasis Web pada PT Astari Niagara Internasional. 9(2), 6.

Markito, L., & Sumirat, E. W. (2013). PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO HARAPAN SENTOSA ELEKTRONIK KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN. 6.

Maulana, I. F., Khotijah, S., & Hapsari, A. T. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KASIR DI I-WASH CUCI KENDARAAN BEBASIS JAVA NETBEANS. 7.

Ramadhani, D. P., Syahfitri, I. C., & Ramadhan, S. (2018). Sistem Informasi Penjualan Olahan Rumput Laut Pada UD Sastro Jaya Di Pacitan. 15.

Suryawinata, H., & Purwanti, D. (2017). Sistem Monitoring pada Panel Surya Menggunakan Data logger Berbasis ATmega 328 dan Real Time Clock DS1307. 9(1), 7.

Toding, M., & Wirakusuma, M. G. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KETEPATWAKTUAN PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN. 17.

Wiliani, N., & Zambi, S. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI KASIR TIKET NONTON BOLA BARENG PADA X KASIR DI SUATU LOKASI X DENGAN VISUAL BASIC 2010 DAN MYSQL. 6, 7.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.3645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: