Sistem Informasi Monitoring Garansi Lampu Solar All In One di PT Signify Commercial Indonesia

Rustiawan Rustiawan, Mercy Hermawati, Budi Santoso

Abstract


Kemajuan teknologi seperti komputer pada saat ini merupakan suatu kebutuhan setiap instansi, baik dalam pemerintahan maupun instansi  perusahaan swasta. Berdasarkan penelitian di PT.Signify Commercial Indonesia, sistem monitoring dan penginputan data masih menggunakan metode manual. Sehingga menyebabkan keterlambatan dan kekeliruan dalam penyajian laporan data tersebut dan terjadinya kerugian bagi perusahaan dikarenakan tidak diketahui masa garansi yang sudah berakhir mengakibatkan keluarnya komponen-komponen baru atau pengganti barang baru dalam proses klaim garansi. Mengatasi permasalahan keterlambatan dan kekeliruan dalam proses monitoring data maka dilakukan perancangan sistem informasi monitoring garansi lampu solar All in One menggunakan bahasa pemrograman java dan database MySql. Pembuatan perangkat lunak bertujuan untuk memudahkan proses sistem memonitoring garansi lampu solar all in one dan pendataan menjadi terkomputerisasi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menyajikan data berupa teks dan metode pengembangan sistem waterfall. Hasil dari penelitian diharapkan menjadi lebih mudah dalam proses monitoring dan pendataan. Sistem yang ada pada aplikasi monitoring garansi menjadi terkomputerisasi, rapih dalam hal penyimpanan data dan laporan menjadi efektif.


Keywords


Sistem Informasi; Monitoring Garansi; MySql

Full Text:

PDF

References


Achmadi, A. & N. (2011). Teori Metodologi Penelitian. Teori Metodologi Penelitian

Achmadi, A. & N. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta.

AS, Rosa & Shalahudin, M. (2015). Usecase Diagram. Yogyakarta.

AS, Rosa & Shalahudin, M. (2014). Pemodelan Dan Uml. Yogyakarta.

Febriani, O., & Putra, A. (2013). Sistem Informasi Monitoring Inventori Barang Pada Balai Riset Standardisasi Industri Bandar Lampung. Jurnal Informatika Darmajaya, 13(1), 90–98.

Mudjahidin, & Putra, D. (2010) Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web Studi Kasus Dinas Bina Marga dan Pemantusan. 11(1).

Mulyani, P. D. S. (2014). Pengertian Erd. Marlinda.

Rachmanita, N., Sari, A. O., Astrilyana, & Yana, A. A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Klaim Garansi Produk Berbasis Web. Indonesia Journal on Networking and Security, 8(4), 1–6.

Satzinger, Jackson, Burd. (2010). System Analysis and Design with the Unified Process. USA: Course Technology, Cengage Learning

Subagyo, P. J. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek.Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Zaki, Zakaria. (2011). Aplikasi Pendaftaran dan Perhitungan Masa Garansi Printer Berbasis Web (Studi Kasus Fuji Xerox Service Center PT.Harrisma Agung Jaya. (Universita). Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.3605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: