Perancangan Sistem Persediaan Barang Berbasis Java untuk Sistem Informasi Showroom dan Bengkel

Habib Abdul Rahman, Za'imatun Niswati, Aswin Saputra

Abstract


Pada saat ini, kebutuhan informasi semakin penting dan mendesak sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Banyak perusahaan berskala besar maupun kecil menggunakan komputer untuk mendukung kegiatan dalam perusahaannnya. Komputer serta aplikasi didalamnya pada saat ini bukanlah merupakan sesuatu hal yang baru lagi, hampir seluruh badan usaha yang besar maupun kecil telah menggunakan komputer sebagai salah satu sarana pendukung dalam kegiatan pada perusahaan tersebut. PT Auto Daya Keisindo Jakarta Selatan merupakan perusahaan swasta yang masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data, terutama pada pengolahan data persediaan barang sehingga memperlambat dalam proses pengolahan data dan pengontrolan persediaan barang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah sistem informasi persediaan barang berbasis java. Dalam pembuatan sistem informasi persediaan barang berbasis java metode perancangan yang digunakan adalah Unified Modeling Language (UML). dengan aplikasi Eclipse 2018, SQL Server 2008 untuk perancangan basis datanya. Dengan menggunakan sistem informasi persediaan barang berbasis java ini dapat mempermudah dan mempercepat kinerja bagian gudang serta dapat mengontrol jumlah persediaan barang.

Kata kunci: Sistem Inventory, Java, MYSQL, SDLC, UML


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta:Putra Grafika

Kuncoro, D. W. (2015). Analisis Dan Perancangan Sistem Kasir Dan Pendataan Stok Barang Pada Tata Distro Pacitan. Jurnal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(1), 40–46.

Pressman, Roger S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi

Suprayitno, U. I. W. (2012). Pembangunan Sistem Stok Barang Dan Penjualan Pada Toko Sero Elektronik. Journal Speed, 4(4), 8–16.

Sutarman. (2009). Pengantar teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: