Sistem Informasi Helpdesk Ticketing di PT Tunas Artha Gardatama

Riky Siswanto, Arif Susanto, Eddy Saputra

Abstract


PT. Tunas Artha Gardatama adalah perusahaan yang besar dan memiliki cabang hampir diseluruh wilayah Indonesia, dengan jumlah karyawan yang banyak serta tanggung jawab yang besar, demi menjawab kebutuhan client dan aktivitas pekerjaan maka sudah sewajarnya penggunaan Teknologi Informasi diperlukan untuk menunjang kebutuhan dalam menjalankan usahanya. Akan tetapi dalam menjalankan aktivitas usaha juga terdapat permasalahan, salah satunya adalah permasalahan dalam penanganan kerusakan perangkat komputer yang dapat menghambat proses aktivitas kerja, sampai permasalahan tersebut diselesaikan aktivitas pekerjaan akan tergangu, meskipun permasalahan dapat diselesaikan diperlukan juga pencatatan penanganan permasalahan yang berfungsi sebagai dokumentasi serta sebagai acuan jika terdapat permasalahan yang sama terjadi. Dalam pembuatan sistem informasi ini bertujuan untuk mempermudah user untuk melakukan pelaporan permasalahan, serta mempermudah teknisi dalam melakukan diagnosa untuk menangani permasalahan tersebut, selain itu juga dapat menjadi center point, helpdesk untuk menangani permasalahan perangkat komputer dan hal lain yang berhubungan dengannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Grounded research dimana penelitian berdasarkan fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisi data yang merupakan sumber teori atau teori berdasarkan data. Sistem ini dirancang untuk mempermudah proses pelaporan kerusakan perangkat komputer dan penangananya

Kata kunci: Sistem Informasi, Helpdesk, Ticketing, Teknologi, Komputer


Full Text:

PDF

References


Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang. Khatulistiwa Inform, 2, 107–106.

Irawan, Agus.Nanda, K. S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi pt. Indah kiat pulp & paper tbk. Jurnal ProTekInfo, 4, 6.

Manopo RI, Wowor H, L. (2016). Perancangan Aplikasi Help Desk Di UPT-TIK Unsrat. Tek Inform, 1, 8.

Qoyyimah, Hidayah, N. A., & Fananie, Z. B. (2012). Rancang Bangun Helpdesk Ticketing System ( Studi Kasus : Pt . Primus Indojaya ). Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 1–7.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. CV Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: