Sistem Informasi Bank Sampah Demang Asri Kecamatan Pademangan Jakarta Utara

Nurul Rizky Amaliah

Abstract


Pada Bank Sampah Demang Asri Kecamatan Pademangan Jakarta Utara setiap proses pendataan data barang, data nasabah serta transaksi hingga penarikan saldo dicatat dalam pembukuan yang bersifat manual dan tertulis. Pembukuan tersebut mempersulit admin Bank Sampah Demang Asri dalam proses pencarian data dan pembuatan laporan karena sering sekali terjadi kesalahan yang disebabkan oleh manusia itu sendiri. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Metode waterfall sangat cocok dalam proses perancangan suatu sistem Bank Sampah dan diharapkan sistem aplikasi yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tujuan dari sistem informasi Bank Sampah Demang Asri ini dirancang untuk memudahkan admin dalam proses pencatatan data barang, data nasabah, data transaksi dan data penarikan saldo yang sudah terkomputerisasi dan tersimpan di database serta aplikasi yang dapat membantu admin dalam membuat laporan sehingga memudahkan dalam memberikan laporan kepada pimpinan Bank Sampah Demang Asri. Hasil dari penelitian ini dengan adanya sistem aplikasi Bank Sampah Demang Asri dapat menciptakan aplikasi untuk memudahkan dalam penarikan saldo nasabah yang telah mengumpulkan atau memberikan sampah organik dan anorganik kepada Bank Sampah Demang Asri Kecamatan Pademangan serta pelaporan lebih akurat dan baik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Keywords


Systems; Waste Bank; Waterfall; Java

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, F., Budianto, E., Yulianto, A., Sudrajat, B., & Wigandi, D. P. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Bank Sampah (SIBAS) Berbasis Desktop Dengan Metode Waterfall. REMIK (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer). https://doi.org/10.33395/remik.v4i1.10229

Marali, M. D., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2018). Pengembangan Sistem Aplikasi Transaksi Bank Sampah Online Berbasis Web (Studi Kasus : Bank Sampah Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.

Pahlevi, D. S. M. (2013). Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Purwanto, I., Fatimah, D. D. S., & Partono, P. (2013). Perancangan Sistem Informasi Transaksi Tabungan Bank Sampah Garut. Jurnal Algoritma. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.9-2.254

Riyanto, A. D., & Kusumastuti, G. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Tabungan Bank Sampah “Ceria” Purwokerto. Jurnal Telematika.

Samudi, Brawijaya, H., & Widodo, S. (2018). Penerapan Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Bank Sampah Berbasis Web. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S. D. (n.d.). System Analysis and Design in A Changing World. USA: Cengage Learning.

Shalahudin, A. . R. dan. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: DeePublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.3039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: