Rancang Bangun Sistem Aplikasi Akademik Yayasan Pendidikan Islam Daarurrahmah Bogor Berbasis Desktop

Cendani Khoirun Nissa

Abstract


Yayasan Pendidikan Islam Daarurrahmah (YAPIDA) ini termasuk sekolah yang jumlah siswanya tiap tahun meningkat dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini menyebabkan kepala sekolah tidak dapat mengelola semuanya dengan baik dan merasa kerepotan menangani hal tersebut. Dikarenakan proses pendataan yang masih manual, sehingga dirasa kurang optimal dan memerlukan proses yang cukup lama baik dalam menyusun laporan. Dengan demikian masalah yang akan diselesaikan adalah bagaimana membangun sistem informasi akademik yang dapat mempermudah dalam mencari data dan mempermudah dalam penyusunan laporan secara terstruktur.Tujuan penelitian adalah menghasilkan rancangan aplikasi sistem akademik sekolah berbasis desktop untuk memberikan manfaat melalui aplikasi tersebut  serta menghasilkan aplikasi yang informatif dan interaktif sehingga memudahkan pengguna dalam pencarian basis data. Metodologi yang digunakan oleh peneliti adalah studi pustaka meliputi pencarian sumber informasi yang mendukung serta memadai dalam penelitian ini, dan studi lapangan meliputi survei tempat peneliti, wawancara, serta melihat dokumentasi untuk menambah informasi yang akan diteliti.

 

Kata Kunci:  Informasi Akademik, Basis Data, Aplikasi Desktop.


Full Text:

PDF

References


Dhanta.(2015). Aplikasi Berbasis Web. Aplikasi Berbasis Web.

Krismaji. (2015). Pengertian sistem menurut krismaji. In Sistem Informasi Akuntansi.

Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2012). Approaches to System Development. In Systems Analysis and Design in a Changing World.

Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta: Informatika.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. In Analisa Sistem Informasi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i02.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: