Perancangan Sistem Aplikasi Jasa Penyewaan Tanaman Hias pada CV Flowers and Trees Berbasis Java

Jajat Wahyu Darojat, Dwi Dani Apriyani, Natalia Tri Astuti

Abstract


CV Flower & Trees adalah badan usaha yang bergerak di bidang jasa persewaan tanaman hias. Dalam proses persewaan sering terjadi kesalahan dalam proses pendataan persewaan. Identifikasi masalah yang saat ini terjadi adalah lambatnya pengolahan data yang ada karena masih menggunakan pekerjaan manual dan belum terkomputerisasi dimana pencatatan persewaan tanaman hias masih menggunakan penulisan manual pada buku persewaan perusahaan. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan karyawan dalam mengelola data transaksi persewaan dan membuat laporan secara cepat, mudah dan teratur. Metodologi penelitian yang digunakan dalam sistem pengolahan data adalah teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan melakukan studi pustaka yang relevan dengan permasalahan sistem informasi. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Waterfall. Dalam penelitian ini perancangan sistem aplikasi persewaan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans dan untuk databasenya menggunakan MySql dengan tools Xampp. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sistem yang efisien dan efektif untuk proses kerja karyawan dalam mengolah data transaksi sewa di CV Flowers & Trees

Keywords


Perancangan;Aplikasi;Penyewaan;MySQL

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi. Romney Dan Steinbart.

Afyenni, R. 2014. (2014). Jurnal Pengertian DFD. Teknoif. https://doi.org/10.1016/S0021-9517(03)00280-X

Iskandar, F., Lola, Y. A., & Desi, K. (2017). Perancangan Aplikasi Penyewaan Alat Berat berbasis Web pada PT . Indotruck Citra Pramata Jambi. Perancangan Aplikasi Penyewaan Alat Berat Berbasis Web Pada PT . Indotruck Citra Pramata Jambi.

Jogiyanto. (2017). Konsep Dasar Sistem Informasi. Konsep Dasar Sistem Informasi.

Joko Tri Cahyono, S. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Rental Mobil Purnama Rent Car Ploso Pacitan Berbasis Web. Pembuatan Sistem Informasi Rental Mobil Purnama Rent Car Ploso Pacitan Berbasis Web.

Maimunah; Hariyansyah; Jihadi, G. (2017). Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 4 Februari 2017 ISSN 2302-3805.

Rahmawati, A., Kridalukmana, R., & Windasari, I. P. (2015). Pembuatan Sistem Informasi Rental Mobil dengan Menggunakan Java dan Mysql. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.3.2015.335-342

Rosiska, E., & Nopiana, P. R. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Akutansi Jasa Penyewaan Kapal Berbasis Web Pada PT.Sekumbang Permata Engineering. Jurnal Akuntansi.

Rusmawan, U. (2019). Tekinik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman - Pengertian ERD. In Marlinda.

Safitri, S. T., & Supriyadi, D. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall. Jurnal Informatika,Telekomunikasi Dan Elektronika. https://doi.org/10.20895/infotel.v7i1.111.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.2581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: