Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa di Bengkelplus Cileungsi Berbasis Java

Savina Nikita Lestari, Dwi Dani Apriyani, Natalia Tri Astuti

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya dibidang komputerisasi, mendorong banyak perusahaan milik negara maupun swasta untuk dapat memanfaatkan teknologi komputer agar mampu bersaing di era globalisasi seperti sekarang. Permasalahan sistem pelayanan jasa di Bengkelplus yaitu kurang efisiennya pendataan konsumen serta pencarian data konsumen dan sparepart yang diakibatkan karena sistem yang diterapkan masih bersifat manual. Maka untuk menangani masalah tersebut peneliti tertarik mengelolah data dan informasi transaksi pada Bengkelplus, memproses pelayanan jasa dari penerimaan pelanggan, permintaan sparepart, sampai proses pembayaran. Dengan menggunaan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan seperti analisa kebutuhan sistem, studi kepustakaan, pengumpulan data dan perancangan, pengkodean sistem, serta pengujian sistem. Pada penelitian ini akan merancang sebuah sistem pelayanan jasa yang dibuat menggunakan alat bantu perancangan sistem yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA dengan Netbeans IDE, dan database MYSQL menggunakan XAMPP. Hasil dari penelitian ini adalah terealisasi bahwa dengan dibuatkan sebuah program yang terkomputerisasi, maka dapat memudahkan dalam perhitungan transaksi, membantu proses pengolahan data, dan mengurangi keterlambatan pengiriman informasi laporan oleh staff admin yang dibutuhkan pemilik bengkel.


Keywords


Sistem; Pelayanan; Java; Netbeans; MYSQL

Full Text:

PDF

References


Anasti, A. P. (2017). DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA PENGURUS KOPERASI MAHASISWA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KOPMA DIGITAL UNIVERSITAS LAMPUNG.

Ekaresta Nugroho, Stefan., & J. J. S. (2015). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis Sepeda Motor Studi Kasus : Naga Mulya Motor Yogyakarta. Eksplorasi Karya Sistem Informasi Dan Sains, 01.

Febrianto, W. & S. (2018). Membangun Sistem Informasi Jasa Service Dan Penjualan Sparepart Dengan Metodologi Berorientasi Obyek Studi Kasus: Bengkel New Rejeki Motor. Jurnal Idealis, 01.

Hartono, B. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer.

Pratama, I. P. A. E. (2014). Sistem Informasi Dan Implementasinya.Bandung.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I.

Shalahudin, M. Sukamto, R. A. (2015). Pengertian Diagram Konteks.

Sutanta. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual.

Truna, K. (2017). Sistem Informasi Jasa Service Motor Dan Penjualan Sparepart Di PT. Yamaha MM Soreang Berbasis Web. Diploma Thesis, Universitas Komputer Indonesia, 01.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.2580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: