Sistem Aplikasi Penyewaan Studio Musik pada Cindy Studio Musik Berbasis Java

Bunga Puspita Ariani, Rahmatika M.Kom, Nasrulloh Isnain M.Kom

Abstract


Cindy Studio Musik memiliki sistem pendataan sewa yang masih manual dan dicatat menggunakan buku, pembuatan laporan  bulanannya pun masih dicatat menggunakan buku dengan mengacu pada data yang ada di buku sewa, sehingga memungkinkan terjadinya keterlambatan pembuatan laporan dikarenakan banyaknya data yang menumpuk dan dapat menimbulkan kekeliruan data. Berdasarkan permasalahan yang ada, dibutuhkan suatu sistem penyewaan yang dapat digunakan Cindy Studio Musik untuk mengelola data dan membuat laporan bulanan dalam bentuk program aplikasi yang dapat membantu pihak studio dalam mengurangi resiko kesalahan yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode studi kepustakaan yang meliputi pencarian sumber informasi melalui kutipan buku dan hasil laporan yang berkaitan dengan penelitian ini, serta menggunakan studi lapangan yang meliputi observasi dengan teknik pasrtisipasi pasif dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sistem penyewaan yang dapat membantu meningkatkan kinerja pihak studio dalam memberikan layanan nya kepada pelanggan.


Keywords


Sistem Aplikasi; Penyewaan; Studio Musik; Java

Full Text:

PDF

References


Amanda, A. V. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web Pada Jala Futsal Tangerang. STMIK RAHARJA Tangerang.

Irawan, A. R. K. (2016). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Pada Studio Musik Dengan Menggunakan Model Spiral ( Studi Kasus Studio Musik Watudandang Kec Prambon ).

Maulana, A. R., Destiawati, F., & Alfarisi, S. (2020). Perancangan Aplikasi Penyewaan Event Equipment Pada CV DE - MUSIK. 01(03), 304–311.

Rakhmat, F. S. & F. (2015). Teknik Hebat Merancang Aplikasi Instan Dan Berkualitas. PT. Elex Media Komputindo.

Saefulloh, R. M. (2017). Pembangunan Aplikasi Penyewaan Studio Musik Dan Rekaman Berbasis Web Application Development Rental Music Studio And Recording Web - Based _ Saefulloh _ eProceedings of Applied Science.pdf. E-Proceeding of Applied Science, 824.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori Dan Implementasi. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i03.2490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: