Perancangan Sistem Pengelolaan Inventaris Barang Sarana dan Prasarana di SMKN 7 Bekasi

Mauliandika Suswara, Indra Kurniawan

Abstract


Teknologi komputer merupakan suatu yang sangat didambakan oleh setiap organisasi, karena akan mengeluarkan suatu informasi yang sempurna. kebutuhan komputer sebagai alat pemecahan masalah dengan cepat dan tak bisa dipungkiri. Pendataan barang inventaris yang dilakukan pada SMK Negeri 7 Bekasi masih dilakukan secara manual dengan menggunakan aplikasi microsoft word dan Microsoft excel. Pendataan manual dengan cara ini dapat mempersulit staf sarana dan prasarana ketika melakukan pendataan inventarisasi barang dan pembuatan laporan, sehingga dapat memakan waktu yang banyak ketika membuat laporan saat dibutuhkan. Tujuan dari penelitian adalah membuat sistem informasi yang dapat melakukan pengontrolan stok barang disekolah sehingga dapat memberitahukan tentang jumlah stok barang yang ada disekolah dengan cepat dan akurat dan menyajikan pemrosesan data tentang barang yang masuk dan keluar dengan cepat dan akurat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode grounded research yaitu sebuah metode yang dilakukan berdasarkan fakta yang sebenarnya. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa Perancangan Sistem Pengelolaan Inventaris Barang Sarana dan Prasarana ini dapat membantu keakuratan dalam kegiatan pengelolaan inventaris barang serta dapat memperbaiki laporan menjadi lebih terlihat rapih. Dimana dalam membangun sistem ini digunakan bahasa pemrograman JAVA dengan Netbeans IDE, dan database MYSQL menggunakan XAMPP.

Keywords


Design; Inventory of Goods; Facilities and Infrastructure; Java Netbeans

Full Text:

PDF

References


Adam, R. P., Abdillah, T., & Pakaya, N. (2019). Sistem Informasi Bantuan Bahan Pustaka. Jambura Journal of Informatics. https://doi.org/10.37905/jji.v1i2.2729

Gunawan, A. H. (2011). Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Mikro. Rineka Citra.

Hamzah, B. Uno, N. L. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.

Harianto, Kusno., dkk. (2019). Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study. Media Sahabat Cendikia.

Huda, M., & Komputer, B. (2010). Membuat Aplikasi Database Dengan Java, MySQL dan NetBeans. Elex Media Komputindo.

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Buku Beta.

Nofriadi. (2018). Java Fundamental Dengan Netbeans 8.02. Deepublish.

Nyura, Y. (2010). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Handphone dengan J2ME. Jurnal Informatika Mulawarman.

Sari, A. O., & Nuari, E. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode FAST (Framework For The Applications).

Witama, M. N. (2019). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Aset Barang Inventaris SDN Makasar 05 Pagi Jakarta Timur. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi). https://doi.org/10.30998/string.v3i3.3578




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: