Aplikasi Pembelajaran Huruf Hangeul Berbasis Android

Irsyad Havest, Wanti Rahayu

Abstract


Media penunjang pembelajaran bahasa Korea masih menggunakan buku, video, maupun internet tanpa tahu bagaiman cara pelafalan yang baik dan benar. Pembelajaran yang dilakukan juga masih dilakukan secara tatap muka yang diharuskan datang ke lokasi kursus untuk melakukan bimbingan atau kegiatan belajar mengajar. Mengingat juga sangat jarang aplikasi yang membahas huruf Hangeul secara lengkap khususnya di android. Sebagian besar aplikasi yang dibuat hanya sebagai penerjemah bahasa Korea atau belajar kata-kata dari bahsa Korea. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mempermudah pembelajaran bahasa Korea untuk pemula dengan menggunakan aplikasi secara efektif dan efisien. Selain itu masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk pembelajaran ini karena bersifat offline. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode grounded (grounder research) sehingga sesuai dengan penelitian ini karena pengumpulan informasi atau data yang lebih lengkap saat penelitian dilakukan.


Keywords


Android; Edukasi; Hangeul

Full Text:

PDF

References


Chan, S. (2017). Membuat Aplikasi Database dengan PowerBuilder 12.6 dan MySQL. PT Elex Media Komputindo.

Lapau, B. (2012). Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi. Buku Obor.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Deepublish.

Lestari, M. (2012). Cara Cepat Mahir Bahasa Korea. Indonesia Tera.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (buku ajar praktis cara membuat penelitian). PT Panca Terra Firma.

Nur, R., & Arsyad Suyuti. (2018). Perancangan Mesin-Mesin Industri. Deepublish.

Sekar Amalia. (2018). Aplikasi Pembelajaran Tenses dan Artikel Dalam Bahasa Jerman Level Dasar Berbasis Android.

Somya, R., & Tjahjono, V. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Dasar Bahasa Korea Menggunakan AndEngine Berbasis Android. Jurnal Buana Informatika, 7(2), 105–114. https://doi.org/10.24002/jbi.v7i2.489

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Suryani. (2018). LAPORAN SKRIPSI MOBILE LEARNING HURUF HANGEUL BERBASIS ANDROID DI LPK.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i04.2269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: