Rancang Bangun Data Penjualan Sparepart dan Service pada Bengkel Astra Motor Jakarta

Rizki Eka Mawardewi, Wanti Rahayu

Abstract


Sistem informasi pengolahan data penjualan sparepart dan service merupakan suatu hal penting dalam mengelola sebuah instansi. Penelitian bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi sistem informasi pengolahan data penjualan sparepart dan service pada bengkel Astra Motor Jakarta Berbasis Java, memberikan siklus sistem yang baru tentang proses pengolahan data sparepart dan service pada Astra Motor Jakarta serta untuk memberikan laporan penjualan sparepart dan service dengan cepat dan akurat melalui sebuah sistem aplikasi Metode penelitian yang digunakan adalah metode grounded (grounded research) yaitu suatu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis di lapangan dengan tujuan untuk mengetahui proses persedian barang yang dilakukan selama ini. Setelah peneliti menganalisis sistem informasi pengolahan data penjulana sparepart dan service peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Bengkel Astra Motor Jakarta harus menerapkan suatu sistem untuk mengelola data sparepart dan service. Program ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak XAMPP dan NetBeans IDE 8.0.2 serta database MySQL. Program ini berfungsi untuk mengolah data sparepart service dan data transaksi Bengkel Astra Motor Jakarta. Dengan adanya sistem informasi pengolahan data penjualan sparepart dan service pada Bengkel Astra Motor Jakarta, semua proses yang berhubungan dengan data mekanik, data pelanggan, data kendaraan, transaksi service motor, data pemasok, data sparepart, tambah stok sparepart, transaksi penjualan sparepart serta report tidak lagi dilakukan secara manual.


Keywords


Sales; Sparepart; Service; Java NetBeans; MySQL

Full Text:

PDF

References


Aidah, Winanti, & Anugrah, R. (2019). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Jasa Service Sepeda Motor Dan Sparepart Pada Bengkel Karya Sejahtera Motor. Jurnal Insan Pembangunan Sistem Infomasi & Komputer, (Vol 4 No 2), 1–6.

Barnabas, B. (2018). Grounded Research/GroundedTheory (Metode Penelitian Grounded).

Kurniawan, Hendra, Eri Mardiani dan Nur Rahmansyah. (2011). Aplikasi Penjualan dengan Program Java Netbeans, Xampp, dan iReport. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ladjamudin, A. B. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu.

Pujadi Rian. (2018). Sistem Informasi Inventory Dan Penjualan Agen Aqua SBY Water Berbasis Java Desktop.

Sinambela, Litjan Poltak, dkk. (2011). Pelayanan. PT. Bumi Aksara.

Sukmana, F. (2014). Sistem Informasi Pengolahan Data Barang Dan Service Komputer Pada Toko Sinar Terang Komputer Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, 3(4), 52–58.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Susanti, R. (2013). Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Servis Pada Bengkel Mobil JSP Yogyakarta. Intoxicacion As Frecuentes Y Sus Principales Factores Influyentes En Niños Atendidos En El Servicio De Pediatria Del Hospital Provincial General Docente Riobamba Periodo Enero-Agosto Del 2013, 1, 80.

Yakub. (2012). Pengantar sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.2243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: